Integrasi Kurikulum di Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Wustho Al Fithrah Surabaya

Authors

  • Ali Mastur STAI Al Fithrah

DOI:

https://doi.org/10.36781/tarbawi.v10i2.215

Keywords:

Integrasi, Kurikulum, Pendidikan Diniyah Formal (PDF)

Abstract

Sejak tahun 2015 peta baru satuan pendidikan formal secara nasional telah bertambah dengan munculnya Pendidikan Diniyah Formal (PDF) sebagai unit pendidikan di pondok pesantren di Indonesia. Lahirnya PDF berawal dari fakta bahwa keberadaan sekolah dan madrasah dianggap belum cukup mampu mengakomodir dan belum mampu merekognisi para lulusan pesantren. Padahal di sisi lain, para santri di pesantren diharapkan mampu menjawab tantangan dunia dengan paradigma Islam dan dalam menyelesaikan berbagai problem dalam agama Islam yang muncul di tengah-tengah umat. Pada faktanya sekolah hanya mengajarkan mata pelajaran Agama 2-3 jam pelajaran/Minggu. Sedangkan PDF dalam kurikulumnya yang telah ditetapkan dalam PMA, 70% adalah pelajaran agama Islam dan 30% pelajaran umum. Terdapat kurikulum PDF sebagai acuan terlaksananya Pendidikan Diniyah Formal yang diatur dalam Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam nomor 6036 tahun 2015. Yang dipadukan dengan kurikulum lokal Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya dengan segala ciri khasnya. Hasil penelitian menunjukkan berikut. 1) Kurikulum pada PDF Wustha Al Fithrah terdiri atas tiga komponen: kurikulum Pendidikan keagamaan, kurikulum Pendidikan Umum, dan kurikulum Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah yang diintegrasikan dengan perbandingan 70% muatan agama dan 30% muatan umum . 2) Integrasi kurikulum PDF Wustha Al Fithrah adalah dengan mengintegrasikan  sebagian pelajaran kurikulum PDF dengan pelajaran khas Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-03-01

How to Cite

Mastur, A. (2022). Integrasi Kurikulum di Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Wustho Al Fithrah Surabaya . TARBAWI, 10(2), 165–183. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v10i2.215

Issue

Section

Articles