Pengaruh Pemahaman Bertransaksi, Kemudahan, Dan Manfaat Dalam Menggunakan Webform BSI Terhadap Kepuasan Nasabah Di BSI

Authors

  • Salma Hasna Nafis Institute Agama Islam Negeri Kudus
  • Inka Clarina Melyana Institute Agama Islam Negeri Kudus

DOI:

https://doi.org/10.36781/iqtisadie.v3i2.439

Keywords:

Understanding of Transaction, Convenience, Benefit, Webform BSI, Customer Satisfaction

Abstract

With changes in Bank Syariah Indonesia digital transaction, the mindeset of customers and bank employees needs to be changed to improve themselves in using digital banking facilities, so learning about this requires understanding, convenience, and the benefits of using digital banking in order to create satisfaction in use. This study aims to determine the understanding, convenience, and benefits of using the Webform BSI on customer satisfaction at BSI. This research uses quantitative research method and uses IBM SPSS version 26 as a test tool to assist data processing and data collection. This study uses a sample of FEBI IAIN Kudus 2020-2022 students who have savings at BSI by using an accidental sampling technique, namely a sampling technique where anyone who meets the resercher by chance and can be used as a sample, people who happen to be found are suitable as data source. The results of this study indicate that understanding of transactions using the Webform BSI partically affects customer satisfaction. The ease of using the Webform BSI partically does not affect customer satisfaction. The benefits of using the Webform BSI partically affect customer satisfaction.

References

Fita Pertiwi, 2014, Pengaruh Risiko, Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepercayaan Nasabah Dalam Menggunakan Internet Banking Di Yogyakarta, Jurnal Akuntansi dan Manajemen, Vol 11 No 1

Ida Mantayani, Rusmanto, Rahmiati, 2016, Pengaruh Kemampuan Teknologi Informasi, Kemudahan, Risiko dan Fitur Layanan Terhadap Minat Nasabah dalam Menggunakan Internet Banking, Vol 9 No 2

Iqbal Hasan, 2009, Pokok-pokok Matari Statistik1 (Statistik Deskriptif), (Jakarta: PT. Bumi Aksara)

Iqbal M, 2019, Analisis Tingkat Pemahaman Masyarakat Terhadap Produk Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus di Kecamatan Kuta Alam), (Perbankan Syariah: Universitas Islam Negeri AR-Raniry)

Jihan Enggar Safira, 2018, The Analysis of Individual’s Behavior Intention in Using Mobile Banking Based on TAM and UTAUT 2, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Vol 6 No 2

Jogiyanto, 2007, Sistem Informasi Keperilaku, (Yogyakarta: Andi)

Makanyeza, C., 2017Determinants of consumers’ intention to adopt mobile banking service in Zimbabwe.International Journal of Banking Marketing, 35(6)

Marlius, D., & Putriani, I. 2020, Kepuasan Nasabah PT. BRI Unit Tahap Cabang Painan Dilihat dari Kualitas Layanan Customer Service. Jurnal Pundi, Vol 3 No 2

Muri Yusuf, 2015, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan, (Jakarta: Prenadamedia Group)

Niken Nanincova, 2009, Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Café and Bistro, Agora, Vol 7 No 2

Putra P., 2021, Analisis Tingkat Pemahaman Mahasiswa Terhadap Pernyataan Standar Akuntansi Keuntungan Syariah Jurnal Riset Akuntansi dan Komputerisasi Akuntansi, Vol 6 No 1

Safitri Primasari, N., & Mohammad, G. 2021, Sosialisasi Kesiapan Masyarakat Menuju Transaksi Digital di Era New Normal Life. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 1 No 1

Singgih Priambodo & Bulan Prabawani, 2016, Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik (Studi Kasus pada Masyarakat Kota Semarang), Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol 5 No 2

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatis, dan R&D), In Alfabeta, Bandung

Suryani dan Hendryadi, 2016, Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam, (Jakarta: Prenadamedia Group)

Yoannisa Fitrian Suhayati, Azri Nur Maulina, Widwi Handari Adji, 2020, Pengaruh Pemahaman Bertransaksi Menggunakan Webform BSI dan BSI Mobile Terhadap Kepuasan Nasabah, Vol 4 No 4, Al-Khataj

Yusmaina, I. Efektifitas dan Resiko Penggunaan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Mahasiswa dalam Bertransaksi di BSM (Perbankan Syariah, UIN Raden Intan Lampung). In Repository UIN Raden Intan Lampung

Downloads

Published

2023-11-23

How to Cite

Salma Hasna Nafis, & Inka Clarina Melyana. (2023). Pengaruh Pemahaman Bertransaksi, Kemudahan, Dan Manfaat Dalam Menggunakan Webform BSI Terhadap Kepuasan Nasabah Di BSI. IQTISADIE: Journal of Islamic Banking and Shariah Economy, 3(2), 181–200. https://doi.org/10.36781/iqtisadie.v3i2.439