Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Corporate Image terhadap Loyalitas Nasabah BRI Cabang Jember

Authors

  • Izzul Ashlah Univeristas Islam Jember
  • Slamet Wijiono Universitas Islam Jember
  • Miftashul Imaroh Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.36781/iqtisadie.v4i1.486

Keywords:

corporate social responsibility (CSR), corporate image, customer loyalty.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh corporate social responsibility (CSR) dan  corporate image terhadap loyalitas nasabah BRI Cabang Jember. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif, menggunakan teknik purposive sampling menggunakan kriteria khusus dalam penentuan sampel yakni menjadi nasabah BRI dan menerima CSR yang telah disalurkan, sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Data diolah menggunakan SPSS dan menunjukkan hasil bahwa (1) corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah BRI Cabang Jember, (2) corporate image berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah BRI Cabang Jember.

References

Dowling, J., & Pfeffer, J. (1975). Organizational legitimacy: Social values and organizational behavior. Journal Pacific sociological review, Vol. 18 No. 1

Fassin, Y., De Colle, S., & Freeman, R. E. (2017). Intra‐ stakeholder alliances in plant‐closing decisions: A stakeholder theory approach. Journal Business Ethics: A European Review, Vol. 26 No. 2

Ernawan, E. (2014). Tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility). Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa), Vol.11 No. 2.

Fahmi, Irham. (2015). Manajemen Perbankan Konvensional & Syariah. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Griffin, (2005), Customer Loyalty, Jakarta: Penerbit Erlangga. Iffah

Lailatul2021. Persepsi Nasabah Terhadap Tingkat Kualitas Pelayanan Bank Syariah Cabang Malang, Vol 3,No.1.

Jeffrey S, and Wicks, Andrew C., (2013) Stakeholder Theory, Value, and Firm Performance‖, Business Ethics Quarterly, Vol. 23 No. 1.

Kotler, P. & Lee, N. (2005). Corporate social responsibility. New Jersey: John Wiley & Son, Inc.

Meutia, I. (2010). Menata Pengungkapan CSR di Bank Islam (Suatu Pendekatan

Kritis). Jakarta: Citra Pustaka Indonesia.

Mustika. Nisrani. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen,

Ni Wayan Rustiarini. (2010). “Pengaruh Corporate Governance Pada Hubungan Corporate Social Responsibility dan Nilai Perusahanan”. Simposium Nasional Akuntansi XIII.

Prihatina, Milano., Sakti, Dwi., & A. Handry. (2018). Pengaruh Corporate social responsibility (CSR)terhadap corporate image dan dampaknya pada loyalitas pelanggan PT. Pega Daian (Persero) di Pulau Lombok (Kaasus Pada Penerimaan Program Kemitraan). Jurnal: Magister managament,Vol. 17 No. 2.

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Ashlah, I., Slamet Wijiono, & Miftashul Imaroh. (2024). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Corporate Image terhadap Loyalitas Nasabah BRI Cabang Jember. IQTISADIE: Journal of Islamic Banking and Shariah Economy, 4(1), 34–46. https://doi.org/10.36781/iqtisadie.v4i1.486

Issue

Section

Articles