Analisis Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Pemasaran Oleh Usaha, Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm): Perspektif Pengusaha Dan Konsumen

Authors

  • Tate Agape Bawana Institute of Political Science National Sun Yat-sen University Taiwan, Taiwan

DOI:

https://doi.org/10.36781/iqtisadie.v5i01.948

Keywords:

MSMEs, social media, digital marketing.

Abstract

This study aims to analyze the use of social media as a marketing tool by Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) from the perspective of entrepreneurs and consumers. Social media has become an important platform for MSMEs to promote products, build brand awareness, and establish closer interactions with consumers. This research uses a literature review method that aims to explore and analyze various studies and articles related to the use of social media by MSMEs as a marketing tool. The results show that social media contributes significantly to increasing business visibility, sales, and customer loyalty. However, MSME players face challenges such as limited knowledge of digital marketing, time management, and campaign effectiveness measurement. This study suggests the need for digital training and consistent content management to maximize the potential of social media in marketing.

References

Saiful, Ahmad. 2024.“Sosialisasi Strategi Marketing Online (Efektivitas Materi) di Kelurahan Tomba” Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 2, No. 3, Agustus.

Purwantini, Annisa Hakim dkk, 2018. “Analisis Pemanfaatan Social Commerce Bagi UMKM: Anteseden dan Konsekuen” Kompartemen: Jurnal Ilmiah Akuntansi. Vol. 16, No. 1.

Susanto, Bayu Fajar dkk. 2024. “Strategi Pemasaran Produk UMKM Berbasis Digital di Kabupaten Indragiri Hilir: Peluang dan Tantangan” dalam JURNAL ANALISIS MANAJEMEN Vol. 10, No. 1.

Pasaribu, Benny. dkk. 2022. Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi dan Bisnis, Jakarta: Media Edu Pustaka,

Maharani, Destin Alfianika dkk, 2024. “Peningkatan Kemampuan Pemasaran Digital Pada Umkm Di Desa Sumbang Purwokerto Untuk Meningkatkan Daya Saing Dan Jangkauan Pasar” Abdi Makarti. Vol. 3, No. 2, Oktober.

Harjadi, Dikdik. dkk, 2024.Transformasi Pemasaran di Era Digital: Strategi Pengembangan UMKM di Indonesia. Cirebon: PT. Arr Rad Pratama.

Junaedi, Fajar dan Erwan Sudiwijaya, .2022. Digital Marketing untuk UMKM. Yogyakarta: Dua Lima Grafika.

Fathonah, Feti. 2024. “Pengaruh Media Sosial Sebagai Alat Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 7, No. 4.

Godey, B., Manthiou, A., Pederzoli, D., Rokka, J., Aiello, G., Donvito, R., & Singh, R. 2016. Social media marketing efforts of luxury brands: Influence on brand equity and consumer behavior. Journal of Business Research, 69(12).

Mustika, I Wayan Willy .2022. “Analisis Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran pada Usaha Kecil Menengah” Jurnal Riset Manajemen Komunikasi. Vol. 3, No. 1, Juli.

Irena F., .2024. “Analisis Peran Media Sosial terhadap Peningkatan Loyalitas Konsmen di Era Digital Modern” dalam Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital (JMPD), Vol. 2, No. 3. Juli-September.

Rahmawati, Ita. 2023. “Pengaruh Live Streaming Selling, Review Product dan Discount terhadap Minat Beli Konsumen pada E-Commerce ‘Shopee’” dalam Jurnal Riset Enterpreneurship Vol. 6 No. 2.

Rifani Marcellina. 2022.“Pengaruh Media Sosial Dalam Strategi Pemasaran Produk Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)” Jurnal Sahmiyya. Vol. 1, No. 2 November.

Adam, Muhammad. 2023.Retensi Konsumen UMKM dengan Memanfaatkan Social Media Marketing. Aceh: Syiah Kuala University Press.

Hasibuan, Reza Rahmadi. 2024. “Pemanfaat Media Sosial Dalam Pemasaran Produk UMKM di Kabupaten Banyumas” Jurnal ADIMA. Vol. 2, No. 2, April.

Rifa’i Abubakar, Pengantar Metodologi Penelitian (Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga, 2020).

Rini Tresnasari, Era Pemasaran 5.0: Paradigma Baru Strategi Bisnis (Padang: Takaza Innovatix Labs, 2024).

Rowley, J., & Holliman, G. (2014). Digital content marketing: A literature synthesis and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(3).

Vera Maria dkk, “Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial terhadap UMKM di Kota Serang” dalam Benefits: Journal of Economics and Tourism, Vol. 1, No. 1, (Mei 2024).

Vera Maria, “Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap UMKM di Kota Serang” Journal of Economics and Tourism (Vol. 1, No. 1, Mei 2024).

Yusmelinda Zagoto dkk, “Peran Pemasaran Melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM di Masa Pandemi” Jurnal Peradaban Masyarakat (Vol. 2, No. 1 Januari 2022).

Yustina Chrismardani dkk, “Dampak Dan Tantangan Dalam Implementasi Social Media Marketing Untuk UMKM” Kompetensi (Vol. 13, No. 2, Oktober 2019).

Zainal, Arifin .2023. Bisinis Digital Digital Marketing Saat ini (Kemampuan Digital Marketing dengan Menguasai Digital Konten Spesialist pada Masa Society 5.0) (Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Downloads

Published

2025-04-21

How to Cite

Tate Agape Bawana. (2025). Analisis Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Pemasaran Oleh Usaha, Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm): Perspektif Pengusaha Dan Konsumen. IQTISADIE: Journal of Islamic Banking and Shariah Economy, 5(01), 13–27. https://doi.org/10.36781/iqtisadie.v5i01.948

Issue

Section

Articles