Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid, Akhlak, dan Kepemimpinan dalam Kisah Nabi Ibrahim As
(Telaah Ayat-ayat Kisah Nabi Ibrahim dan Relevansinya dengan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam)
DOI:
https://doi.org/10.36781/kaca.v10i2.3111Keywords:
pendidikan islam , ketauhidan, akhlak, kepemimpinan, ibrahimAbstract
Kisah Nabi Ibrahim yang banyak dijelaskan di dalam al-Qur’an mempunyai relevansi terhadap pendidikan Islam. Tulisan ini ingin menelusuri bagaimana nilai pendidikan ketauhidan, akhlak dan kepemimpinan (leadership) Nabi Ibrahim AS dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dari jurnal, artikel dan buku serta ayat-ayat Qur’aniyah yang terdapat dalam beberapa surat yang terkandung dalam al-Qur’an seperti surah Maryam, Al-Shaffat, An-Nujum, Hud, Al-Anbiya’, Al-An’am, An-Nahl, Al-Baqarah, dan Al-Mumtahanah. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan ketauhidan dari Nabi Ibrahim yang dapat dijadikan rujukan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) seperti keteguhan hati tanpa keraguan dalam bertauhid kepada Allah SWT, juga pendidikan akhlak seperti nilai kejujuran, kesabaran, kesantunan, menepati janji, keberanian, kedermawanan, ramah dan kelembutan. Sedangkan dalam bidang kepemimpinan, Ibrahim adalah seorang pemimpin yang berani, visioner dan memiliki suri tauladan yang baik bagi umatnya, serta bertanggungjawab.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 KACA (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
						
							





