Konstruksi Karakter Salaf Mahasantri: Peran Bu Nyai Pesantren dalam Pendampingan Pembelajaran Mahasantri di Kota Semarang

Authors

  • Moh Syakur Universitas Islam Negeri Wali Songo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36781/kaca.v14i1.579

Abstract

Studi ini mengeksplorasi peran ulama perempuan, atau yang sering disebut sebagai Bu Nyai, dalam konteks pesantren di Indonesia, dengan fokus pada pembentukan karakter mahasantri. Mahasantri dalam konteks ini merujuk pada para santri yang mengikuti pendidikan formal di bangku perkulian dan mengikuti pendidikan Islam di pesantren, yang menekankan pendalaman ajaran agama, pengembangan karakter, dan kehidupan yang sederhana. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menjelaskan dan memberikan pemahaman yang mendalam tentang peran Bu Nyai dalam konstruksi karakter mahasantri selama menempuh pendidikan pesantren. Hasil penelitian menemukan bahwa peran Bu Nyai dalam pembentukan karakter santri di pesantren sangat signifikan. Mereka berfungsi sebagai penasehat, pembimbing, dan sumber dukungan emosional bagi santri. Melalui peran ini, Bu Nyai membantu santri dalam mengatasi konflik, menjaga keseimbangan emosi, dan mengarahkan santri dalam menerapkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun peran ulama perempuan sangat signifikan, mereka menghadapi berbagai tantangan, termasuk stereotip gender yang membatasi pengakuan mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahrin, Siti Rahma. “Upaya Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Pada Santri Tahfidz Di Pondok Pesantren Ibn Jauzi.” Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam 14, no. 1 (2022): 90–104. https://doi.org/10.30596/intiqad.v14i1.10038.

Edy, Edy, and Robiatul Hadawiyah. “Implementasi Pendidikan Akhlak Di Pondok Pesantren Studi Pada Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Tazkiyatunnufus.” Edusifa: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (2022): 1–13. https://doi.org/10.56146/edusifa.v6i1.1.

Ferihana, and Azam Syukur Rahmatullah. “PEMBENTUKAN ADAB SANTRI BERBASIS KETELADANAN GURU DI PONDOK PESANTREN HAMALATUL QUR ’ AN YOGYAKARTA.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 17, no. 5 (2023): 3627–47. https://doi.org/10.35931/aq.v17i5.2689.

Handoko. “Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dan Dukungan Sosial Terhadap Stres Lingkungan Pada Santri Baru.” EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi 1, no. 2 (2013): 79–89.

Jamaludin, Opik. “Peran Pesantren Salafi Dalam Peningkatan Kualitas Akhlak Santri.” Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Tasawuf 3, no. 1 (2021): 86–106. https://doi.org/10.53401/iktsf.v3i1.38.

Makanisi, Usman Qadri. Wanita Di Mata Nabi: Tipe Manakah Anda. Yogyakarta: Madania, 2010.

Muna, Nailal, and Hamam Hamam. “Kepemimpinan Nyai Di Pesantren Al Hajar Kapurejo Pagu Kediri.” Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 10, no. 1 (2020): 46–57. https://doi.org/10.33367/ji.v10i1.1090.

Mundiri, Akmal, and Afidatul Bariroh. “Transformasi Representasi Identitas Kepemimpinan Kyai Dalam Hubungan Atasan Dan Bawahan.” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 8, no. 2 (2019): 234–55. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i2.2411.

Munir, Nur Misbahul. “PERAN USTADZ DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN SANTRI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA GADING MALANG.” Skripsi, UIN Maliki Ibrahim, 2023. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55042.

Napilah, Paridah, Dadang Kuswana, and Bambang Qomaruzzaman. “Pandangan Masyarakat Tentang Keulamaan Perempuan.” Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama 4, no. 2 (2021): 127–38. https://doi.org/10.15575/hanifiya.v4i2.13119.

Nopianti, Risa. “Pendidikan Ahlak Sebagai Dasar Pembentukan Karakter Di Pondok Pesantren Sukamanah Tasikmalaya.” Patanjala : Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya 10, no. 2 (2018): 351. https://doi.org/10.30959/patanjala.v10i2.362.

Nurhalizah, Mevy Eka, and Muhammad Hamdan Yuwafik. “Peran Perempuan Dalam Dakwah Keluarga.” Jutnal Studi Islam, Gender Dan Anak 15, no. 2 (2020): 279–96.

Nuruddaroini, Ahim Sulthan. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Surah Al-Fatihah.” Kaca (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin 8, no. 2 (2019): 21–43. https://doi.org/10.36781/kaca.v8i2.3013.

Paisal, Jon. “Peran Ulama Dalam Masyarakat Aceh Dari Masa Kemasa.” At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 2021, 88. https://doi.org/10.47498/tanzir.v12i1.513.

Paisun. “Analisis Terhadap Pemikiran Wahid Hasyim Tentang Pembaruan Pendidikan Pesantren.” Jurnal Pemikiran Dan Ilmu Keislaman 1, no. 1 (2018): 110–34. http://jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik/article/view/71.

Priasmoro, Dian Pitaloka. “Korelasi Dukungan Sosial Dengan Kesehatan Jiwa Santri Putra Di Pondok Pesantren Lumajang.” Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan 8, no. 3 (2020): 424. https://doi.org/10.33366/jc.v8i3.1941.

Robikhah, Aridlah Sendy, and Riska Dwita Sari. “Peran Kepemimpinan Kh. Abdullah Shiddiq Dalam Pembentukkan Karakter Santri Pondok Pesantren Bustanul Ulum Glagah Lamongan.” Kuttab 5, no. 1 (2021): 48–63. https://doi.org/10.30736/ktb.v5i1.616.

Rosidi, Rosidi. “Konsep Adab Dalam Tradisi Tarekat: Suatu Telaah Epistemologis.” KACA (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin 11, no. 2 (n.d.): 225–250. https://doi.org/https://doi.org/10.36781/kaca.v11i2.124.

Sudrajat, Adi. “Pesantren Sebagi Transformsi Pendidikn Islam DiIndonesia.” Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2018): 64–88.

Suhendra, Ahmad. “Transmisi Keilmuan Pada Era Milenial Melalui Tradisi Sanadan Di Pondok Pesantren Al-Hasaniyah.” Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi) 5, no. 2 (2019): 201–12. https://doi.org/10.18784/smart.v5i2.859.

Thouless, Robert H. Pengantar Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2000.

Tohir, Kholis. Model Pendidikan Pesantren Salafi. Yogyakarta: Scopindo Media, 2021.

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Syakur, M. (2024). Konstruksi Karakter Salaf Mahasantri: Peran Bu Nyai Pesantren dalam Pendampingan Pembelajaran Mahasantri di Kota Semarang. KACA (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin, 14(1), 90–106. https://doi.org/10.36781/kaca.v14i1.579

Issue

Section

Articles