Dimensi Imajinatif-Etis Jiwa: Analisis Konsep Jiwa pada Teks Risālah fī Ma’rifah al-Nafs al-Nāṭiqah wa Aḥwālihā karya Ibn Sina

Authors

  • Muhammad Ihza Fazrian Universits Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36781/kaca.v14i2.639

Abstract

Salah satu isu besar dalam filsafat adalah konsep jiwa. Dalam filsafat Islam, konsep tersebut dijelaskan melalui istilah al-nafs. Penelitian ini berfokus pada konsep jiwa yang digagas oleh salah satu filosof muslim terbesar era klasik yaitu Ibn Sina. Melalui teks nya berjudul Risālah fī Ma’rifat al-nafs al-Nāṭiqah wa Aḥwālihā (Risalah Tentang Jiwa Rasional Beserta Keadaan-Keadaannya) sebagai sumber primernya. Sedangkan sumber sekundernya adalah teks lain Ibn Sina  yaitu al-nafs min Kitāb al-Shifā’, al-Najāh, dan Aḥwāl al-nafs sebagai perbandingan ide atas teks yang dikaji dan pendapat para intelektual sebagai argumen pendukung. Jenis penelitian ini adalah kualitatif melalui metode deskriptif-analitis disertai pendekatan filosofis. Temuan penelitian ini menunjukan terdapat dimensi imajinatif-etis dalam konsep jiwa Ibn Sina. Dimensi imajinatifnya terletak pada potensi kreatif jiwa yang termuat konsep al-wahm/al-mizāj al-insī (kegelisahan/suasana hati) yang berperan kuat dalam proses terjuwudnya spekulasi filosofis-mistik. Sementara dimensi etisnya terletak, dari ide tentang jiwa, dapat diwacanakan suatu cara hidup “yang baik” sebagai upaya untuk mencapai kebahagiaan esensial di kehidupan kelak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adamson, Peter. “Correcting Plotinus: Soul’s Relationship to Body in Avicenna’s Commentary on the ‘Theology of Aristotle.’” Bulletin of the Institute of Classical Studies. Supplement, no. 83 (2004): 59–75.

Adamson, Peter, and Peter Adamson. Philosophy in the Islamic World. A History of Philosophy without Any Gaps, volume 3. United Kingdom: Oxford University Press, 2018.

Anwar, Etin. “Ibn Sīnā’s Philosophical Theology of Love: A Study of the Risālah Fī al-’Ishq.” Islamic Studies 42, no. 2 (2003): 331–45.

Arkoun, Mohammed. Rethinking Islam: Common Questions, Uncommon Answers. Boulder: Westview Press, 1994.

Arroisi, Jarman. “Konsep Jiwa Perspektif Ibn Sīnā.” Jurnal Studi Keislaman 13, no. 2 (March 2019): 323–45.

Chittick, William C. “The In-between: Reflections on the Soul in the Teachings of Ibn ‘Arabi.” In The Passions of the Soul in the Metamorphosis of Becoming, edited by Anna-Teresa Tymieniecka, 29–38. Dordrecht: Springer Netherlands, 2003. https://doi.org/10.1007/978-94-017-0229-4_3.

El-Bizri, Nader. “Avicenna and Essentialism.” The Review of Metaphysics 54, no. 4 (2001): 753–78.

Goodman, Lenn Evan. Avicenna. Arabic Thought and Culture. London New York: Routledge, 1992.

Haque, Amber. “Psychology from Islamic Perspective: Contributions of Early Muslim Scholars and Challenges to Contemporary Muslim Psychologists.” Journal of Religion and Health 43, no. 4 (2004): 357–77.

Hasan Hanafi. Min An-Naql Ilā al-Ibdā’ al-Mujallad Atṡ-Ṡaliṡ al-Ibdā’ Takwīn al-Hikmah. Inggris Raya: Hindāwī, 2024.

Hatami, Hossein, Maryam Hatami, and Neda Hatami. “The Socio-Political Situation of Avicenna’s Time and His Spiritual Messages: On the Occasion of 1031st Birth Anniversary of Avicenna (23 August 980).” Journal of Religion and Health 52, no. 2 (June 2013): 589–96. https://doi.org/10.1007/s10943-012-9572-2.

Ibn Sīnā. Aḥwāl Al-Nafs. Paris: Dār Baybiliyūn, 2007.

———. Al-Najāt. Mesir: Maktabah Muṣtafā al-Bābī al-Ḥalbī, 1938.

———. Al-nafs Min Kitab Al-Shifā’. Iran: Maktab al-A’lām al-Islāmī, 1996.

———. Risālah Fī Ma’rifat al-nafs al-Nāṭiqah Wa Aḥwāliha. Inggris Raya: Hindāwī, 2018.

Leaman, Oliver. Islamic Philosophy. Polity, 2009.

Mahmoud, Nazari, Mollayousefi Majid, and Zahedi Mohammad Sadeq. “A Comparative Study On Soul And Life In The Philosophy Of Aristotle And Ibn Sina (With An Emphasis On The Book De Anima And Kitāb Al-Nafs From Al-Šifa’).” Философский Журнал 14, no. 4 (2021): 113–25.

Marmura, Michael. “Avicenna’s ‘Flying Man’ in Context.” The Monist 69, no. 3 (1986): 383–95.

Norman, Nurul Ain. “Ibn Sina’s Theory of the Soul: A Taxonomy of Islamic Education | ICR Journal,” December 31, 2021. https://www.icrjournal.org/index.php/icr/article/view/867.

Prasetia, Senata Adi, Arif Ainur Rofiq, Joki Perdani Sawai, and Rezki Perdani Sawai. “Ibn Sinā’s Psychology: The Substantiation of Soul Values in Islamic Education.” Journal of Quran Sunnah Education & Special Needs 6, no. 2 (December 1, 2022): 49–61. https://doi.org/10.33102/jqss.vol6no2.162.

Richardson, Kara. “Avicenna and the Principle of Sufficient Reason.” The Review of Metaphysics 67, no. 4 (November 1, 2014): 743–68.

Seyyed Hossein Nasr. Tiga Mazhab Utama Filsafat Islam. Yogyakarta: IRCiSoD, 2020.

Soleh, Khudori. Filsafat Islam Dari Klasik Hingga Kontemporer. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 201AD.

Starr, S. Frederick. The Genius of Their Age: Ibn Sina, Biruni and the Lost Enlightenment. New York, NY: Oxford University Press, 2023.

Taufik, Muhammad, Muhammad Zainal Abidin Abidin, and Khairiyanto. “Examining Ibn Sīnā’s and Suhrawardī’s Notion of the Soul: Reflections on Their Philosophical Contributions in the Modern Context.” ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin 24, no. 1 (May 1, 2023): 65–83. https://doi.org/10.14421/esensia.v24i1.4330.

Taylor, Richard C., and Luis Xavier López Farjeat. The Routledge Companion to Islamic Philosophy. Routledge Philosophy Companions. London New York: Routledge, Taylor & Francis Group, 2016.

Wijaya, Aksin. Menalar Islam: Menyingkap Argumen Epistemologis Abdul Karim Soroush. IRCISOD, 2022.

Downloads

Published

2024-08-12

How to Cite

Fazrian, M. I. (2024). Dimensi Imajinatif-Etis Jiwa: Analisis Konsep Jiwa pada Teks Risālah fī Ma’rifah al-Nafs al-Nāṭiqah wa Aḥwālihā karya Ibn Sina. KACA (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin, 14(2), 172–196. https://doi.org/10.36781/kaca.v14i2.639

Issue

Section

Articles