Mengumbar Keromantisan di Dunia Digital: Interpretasi Hadis Nabi dan Teori Social Learning Albert Bandura
DOI:
https://doi.org/10.36781/kaca.v15i1.802Abstract
Tren keromantisan pasangan suami istri di Indonesia banyak dilakukan secara terbuka, baik di ruang publik (public display of affection) maupun di media sosial (virtual display of affection). Keromantisan seperti ciuman dan pelukan di depan umum dianggap tidak pantas dan dapat menimbulkan dampak negatif bagi yang melihat. Tulisan ini membahas pengumbaran keromantisan rumah tangga dalam perspektif hadis. Tujuannya adalah mengkaji keromantisan Nabi Muhammad saw. dan relevansinya dengan keromantisan saat ini, serta menganalisisnya menggunakan teori social learning Albert Bandura. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbasis kajian pustaka dan menemukan tiga hadis yang menggambarkan keromantisan Nabi di tempat umum: berlomba lari dengan `Aishah, berduaan di atas unta, dan mengajak istri berlibur. Hadis-hadis ini menunjukkan bahwa keromantisan yang bersifat intim sebaiknya tidak diumbar di depan umum. Berdasarkan teori social learning Bandura, keromantisan yang dipertontonkan di media sosial dapat mempengaruhi orang lain melalui modeling, reinforcement, self-efficacy, dan observational learning.
Downloads
References
@teladanrasul, and Firdaus Agung. Arasy Cinta. Jakarta: PT AgroMedia Pustaka, 2015.
Abazhah, Nizar. FiBayt Al-Rasul. Beirut: Dar al-Fikr, 2013.
Adhim, M. Fauzil. Agar Cinta Bersemi Indah. Depok: Gema Insani Press, 2022.
Ahmad bin Hasain, Sihab al-Din Abi al-‘Abas. Sharh Sunan Abi Daud. Beirut: Dar al-Falah, 2016.
Ahmad, Ukasyah Habibu. Rumah Tangga Seindah Surga. Yogyakarta: Laksana, 2020.
Al-Asqalani, Ibnu Hajar. Fath Al-Bari. Jakarta: Pustaka Azzam, 2002.
Al-Azzizi, Abdul Syukur. Baiti Jannati Kitab Terlengkap Nasihat Allah Dan Rasulullah Tentang Rumah Tangga. Yogyakarta: Soufa, 2015.
Al-Bukhari, Abi ’Abdullah Muhammad ibn Ismail. Al-Jami’ Al-Sahih. Raudah: al-Matbah al-Salafiyah, n.d.
Al-Mashri, Mahmud. Perkawinan Idaman. Jakarta: Qisthi Press, 2016.
Al-Naisaburi, Abī al-Ḥusayn Muslim ibn al-Ḥajjāj ibn Muslim al-Qushayrīy. Sahih Muslim. Riyad: Dar al-Fikr, 2003.
Al-Sijistānī Isḥāq al-Azdī, Abū Dāwud Sulaymān ibn Ash‘ath ibn. Sunan Abu Daud. Riyad: Dar al-Salam, n.d.
Amar, Wafi Marzuqi. Fikih Ranjang Romantis. Sidoarjo: Wafi Marzuqi Ammar Press, 2024.
An-Bawawi, Imam. Syarah Shahih Muslim. Beirut: Dar al-Ma’rifah, n.d.
Asih, Dwi Suti. “Public Display Of Affection (Pamer Kemesraan) Dalam Jejaring Sosial Instagram Oleh Mahasiswa.” Jurnal PUBLIQUE 5, no. 1 (2024): 108–24. https://doi.org/10.15642/publique.2024.5.1.108-124.
Baduwilan, Ahmad Salim. Aisyah; Kekasih Nabi Dunia Akhirat. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2021.
Bandura, Albert. Social Learning Theory. 1977: Prentice-Hall, 2019.
Duwisaputri, Cynthia. “Motivasi Perilaku Public Display Affection (PDA) Di Media Sosial Pada Remaja.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 7, no. 3 (2019): 394–402. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i3.4797.
Haerudin, Mamang Muhammad. Begini Cara Islam Mengatasi Koflik Rumah Tangga. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2017.
Lestari, Maya Puji. “Hubungan Romantis Di Media Sosial (Resepsi Pengguna Terhadap Keterbukaan Hubungan Romantis Yang Diunggah Selebgram Di Instagram).” Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi 11, no. 1 (2019): 28–44. https://doi.org/10.23917/komuniti.v10i3.5944.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Muhammad bin Hanbal, Ahmad bin. Al-Musnad. Kairo: Dar al-Hadith, 1995.
Ramadhani, Rini, Yuliani Rachman Putri, and Dini Salmiyah Fithrah. “Motif Public Display of Affection Pada Generasi Z.” E-Proceeding of Management 3, no. 2 (2017): 2483–88.
Setyaningsih, Retno. “Public Display of Affection Sebagai Bentuk Eksistensi Diri Remaja Pengguna Facebook.” Jurnal Psikologi 10, no. 1 (2015): 66–82. http://dx.doi.org/10.30659/jp.10.1.66-82.
Yahya ibn Sharif al-Nawawi, Muhyi al-Din Abu Zakariyya. Sharh Sahih Muslim Al-Nawawi. Beirut: Dar al-Ma’rifah, 1972.
Zis, Sirajul Fuad, Nursyirwan Effendi, and Elva Ronaning Roem. “Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial Dan Generasi Z Di Era Digital.” Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial 5, no. 1 (2021): 69–87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Isyak Isyak, As'ad Kholilurrahman Kholilurrahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.