Kritik Hadis dalam Tradisi Lisan: Analisis Antropologis atas Otoritas Sanad

Authors

  • Moh. Akib Universitas Islam Negeri Syekh Wasil Kediri
  • Dewi Rohmatul Ngaeniyah Universitas Islam Negeri Syekh Wasil Kediri
  • Ila Nur Indah Sari Universitas Islam Negeri Syekh Wasil Kediri

DOI:

https://doi.org/10.36781/kaca.v15i2.940

Abstract

Artikel ini mengkaji otoritas sanad dalam hadis dari perspektif antropologi, dengan menyoroti bagaimana konstruksi sosial dan kepercayaan komunitas terhadap perawi mempengaruhi validitas transmisi hadis. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami faktor-faktor non-teknis yang berkontribusi terhadap penerimaan atau penolakan suatu hadis dalam berbagai komunitas Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan historis-kritis dan analisis sosial untuk mengungkap dinamika sosial yang memengaruhi perkembangan sanad. Hasil penelitian menunjukkan bahwa otoritas sanad tidak hanya didasarkan pada keakuratan transmisi lisan, tetapi juga pada modal simbolik perawi, yang meliputi status sosial, afiliasi politik, dan jaringan intelektualnya. Selain itu, teori common link G.H.A. Juynboll mengindikasikan bahwa sanad dalam beberapa kasus dikonstruksi ulang untuk memperkuat legitimasi suatu kelompok atau mazhab. Studi ini juga menemukan bahwa penerimaan sanad berbeda di setiap komunitas, tergantung pada kepercayaan kolektif mereka terhadap perawi tertentu. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa studi kritik sanad perlu mempertimbangkan aspek sosial dan politik dalam analisisnya. Pendekatan interdisipliner yang menggabungkan ilmu hadis dengan antropologi dan sosiologi dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai dinamika transmisi hadis dan faktor-faktor yang memengaruhi otoritas sanad dalam sejarah Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Djam’an Satori K. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2011.

Adiah, Halimatus, and Muhammad Sibawaih. “Metode Ijtihad Imam Abu Hanifah Dan Imam Malik.” Jurnal Cerdas Hukum 1, no. 1 (2022): 89–99. https://e-journal.institutabdullahsaid.ac.id/index.php/jurnal-cerdas-hukum/article/view/112.

Akmaluddin, Muhammad. “Sanad Digital: Ijazah Hadis Musalsal dalam Kajian Hadis Virtual di Grup dan Halaman Facebook.” Nabawi: Journal of Hadith Studies 2, no. 1 (November 2, 2021). https://doi.org/10.55987/njhs.v2i1.44.

Alawiah, Neli. “Perkembangan Penyebaran Periwayatan Hadīs Di Wilayah Khurasan: Analisis Studi Hadīs Kawasan Pada Bumi Bagian Timur.” PhD Thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2022. https://digilib.uinsgd.ac.id/54931/.

Alkadri, Alkadri. “Dinamika Keilmuan Hadis Dalam Perspektif Ahli Sunah Dan Syiah Imamiyah.” Borneo: Journal of Islamic Studies 3, no. 1 (2022): 62–74. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/borneo/article/view/1559.

Al-Qaththan, Syaikh Manna. Pengantar Studi Ilmu Hadits. Pustaka Al Kautsar, n.d.

Al-Zarqani. Muqaddimah, n.d.

Andariati, Leni. “Hadis dan Sejarah Perkembangannya.” Diroyah : Jurnal Study Ilmu Hadis 4, no. 2 (April 13, 2020): 153–66. https://doi.org/10.15575/diroyah.v4i2.4680.

Anshori, Muhammad. “Oposisi Penulisan Hadis Di Basrah Pada Abad Kedua Hijriah.” UNIVERSUM: Jurnal KeIslaman Dan Kebudayaan 13, no. 2 (2019).

Anwar, Latifah. “Sanad Dan Matan Hadis Dalam Perspektif Orientalis.”.” Al Yasini 5 (2020). https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/3625.

Ash, Abil. “’ADALAH AL-RAWI PERSPEKTIF SUNNI DAN SYI’AH.” AL ISNAD: Journal of Indonesian Hadith Studies 3, no. 2 (December 15, 2022): 73–89. https://doi.org/10.51875/alisnad.v3i2.127.

Azami, Muhammad Musthafa, Has Manadi, Burhan Wirasubrata, and Meth Kieraha. “Memahami Ilmu Hadis: Telaah Metodologi Dan Literatur Hadis,” 2003. https://senayan.iain-palangkaraya.ac.id/akasia/index.php?p=show_detail&id=1698&keywords=.

Baihaqqi, Muhammad Ilham, and Nur Kholis. “Harald Motzki’s Method of Perspective Hadith Authenticity and His Response to Orientalist Skepticism of Hadith.” Al-Afkar, Journal For Islamic Studies 7, no. 4 (2024): 269–88. https://www.al-afkar.com/index.php/Afkar_Journal/article/view/1273.

Banda, Maria Matildis. “Teori Modal Dalam Pewarisan Tradisi Lisan.” Sastra, Budaya, Dan Perubahan Sosial 40 (2016). https://www.academia.edu/download/61890005/Prosiding_Seminar_Sastra__Budaya__dan_Perubahan_Sosial20200125-115692-19zwnta.pdf#page=49.

Bargot, Bona. “PEMIKIRAN JUYNBOLL DALAM KAJIAN HADIS.” Journal of Hadith and Prophetic Tradition 4, no. 2 (2025): 42–50. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/Al-Thiqah/article/view/23092.

dkk, Muhammad Misbah. STUDI KITAB HADIS: Dari Muwaththa’ Imam Malik hingga Mustadrak Al Hakim. Ahlimedia Book, 2020.

Fahimah, Siti. “Epistemologi Hadis Sunni-Syiah: Analisa Terhadap Implikasinya.” Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 2, no. 1 (2018): 51–64. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/alamtaraok/article/view/236.

Fikri, Shofil, Fiimaratus Sholihah, Jasminta Murawah Hayyu, Alqodhi Adlantama, and Muhammad Hanan Ali. “Memahami Makna Dari Hadis Dan Ilmu Hadis Menurut Pandangan Muhadditsin Dan Ushuliyyin.” Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 4 (2024): 12–12. https://edu.pubmedia.id/index.php/pjpi/article/view/637.

H. Ahmad Sutarmadi. Al-Imam al-Tarmizi: Pemikirannya Dan Pengembangan Hadis Dan Fiqh. Jakarta, 1998.

Hafidz, Nur Fiatin. “Otentisitas Hadis Dan Bantahan Harald Motzki Atas Skeptisisme Orientalis Terhadap Hadis.” Tahdis: Jurnal Kajian Ilmu Al-Hadis 14, no. 1 (2023): 73–93. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/tahdis/article/view/24801.

Hafizullah, Hafizullah. “Hadis-Hadis Balâghât Marfu’dalam Kitab Muwaththa’imam Malik.” Jurnal Ulunnuha 5, no. 1 (2016): 37–56. https://core.ac.uk/download/pdf/322629282.pdf.

Hanafi, Ahmad. “Memaknai Aktifitas Belajar Sebagai Ibadah Dengan Kontekstualisasi Pemahaman Hadist Innamal Aâ€TMmalu Bin Niyat: Studi Elaborasi Melalui Kajian Heurmenetik, Kritik Sanad Dan Semiotik.” Misykah : Jurnal Pemikiran Dan Studi Islam 5, no. 2 (August 28, 2020): 152–61. https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/misykah/article/view/230.

Husen, Fahmi, Achmad Shidiqur Razaq, Muhammad Alamuddin, and Mohammad Hamsa Fauriz. “PENGARUH REGIONALISME HADIS TERHADAP KECENDERUNGAN NALAR IJTIHAD FIQIH: STUDI KAWASAN BASRAH.” Jurnal Bina Ummat: Membina Dan Membentengi Ummat 7, no. 2 (2024): 135–319. http://www.jurnal-stidnatsir.ac.id/index.php/binaummat/article/view/301.

ILHAM FIRDAUS, IFS. “ANALISIS KUALITAS HADIS DI DALAM KITAB MUKHTAR AL-HADIS WA AL-HIKAM AL-MUHAMMADIYAH KARYA SAYID AHMAD AL-HASYIMI (1878-1943).” PhD Thesis, UIN Suska Riau, 2024. http://repository.uin-suska.ac.id/82207/.

Ilyas, Abustani. “Kritik Atas Kritik Kamaruddin Amin:(Menguji Kembali Keakuratan) Metode Kritik Hadis.” Ihyaussunnah: Journal of Ulumul Hadith and Living Sunnah 1, no. 2 (2021): 104–15. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/ihyaussunnah/article/view/29453.

Jayana, Thoriq Aziz, and Nor Hasan. “MENGUJI AUTENTISITAS DAN KLAIM KESEJARAHAN HADIS BERDASARKAN TEORI COMMON LINK GHA JUYNBOLL:(Suatu Kajian Kritis).” Holistic Al-Hadis 7, no. 2 (2021): 89–107. https://www.academia.edu/download/109670218/3378.pdf.

Junaid, Junaid bin. “Historitas Perkembangan Hadis (Dari Periode Klasik Hingga Kontemporer).” CARITA, 2024, 146–58. http://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/carita/article/view/7135.

Karim, Mohamad Aqbil Wikarya Abdul, Muhamad Zaky Avicena, Nurwadjah Ahmad, Dendi Yuda, M. Fikri Arsyad, Yan Nurcahya, and M. Zikril Oksa Putra. “Sejarah Perkembangan Ilmu Hadits Dan Kelompok Ingkar Sunnah.” Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research 2, no. 1 (2025): 817–27. https://doi.org/10.32672/mister.v2i1.2565.

Kholilurrahman, As’ad, and Muhammad Sholihin. “METODE INDUKSI DALAM PENELITIAN HADIS (Analisis Terhadap Kriteria Keabsahan Dan Kelemahan Hadis).” Al-Hasyimi-Jurnal Ilmu Hadis 1, no. 1 (2024): 1–11. https://journal.nurulqadim.ac.id/index.php/jih/article/view/1.

Khon, Abdul Majid. Ulumul Hadis. Amzah, 2012.

Kusnandar, Engkus. “Studi Kritik Matan Hadis (Naqd al-Matn): Kajian Sejarah Dan Metodologi.” Jurnal Studi Hadis Nusantara 2, no. 1 (2020). http://www.syekhnurjati.ac.id/Jurnal/index.php/jshn/article/view/6765.

M. Zed. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor, n.d.

Mahmudah, Nur. “Pemikiran GHA Juynboll Tentang Hadis.” Mutawatir: Jurnal Keilmuan Tafsir Hadith 3, no. 1 (2013): 106–22. https://jurnalfuf.uinsa.ac.id/index.php/mutawatir/article/view/980.

Manaf, M. Lutfi Abdul, M. Fath Ervan Zulfa, and M. Nasirudin. “KUALIFIKASI PERAWI DAN METODE DALAM PROSES TRANSMISI HADITS.” SAMAWAT: JOURNAL OF HADITH AND QURANIC STUDIES 4, no. 1 (2020). https://ejournal.badrussholeh.ac.id/index.php/samawat/article/view/208.

Manna’ Khalil al-Qatthan. Mabâhits Fi Ulum Al-Hadits. Kairo: Maktabah Wahbah, 1992.

Mufid, Abdul. “Problematika Early Marriage (Pernikahan Dini) Dalam Perspektif Hadis.” In Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, 3:161–76, 2023. https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/945.

Nadhiran, Hedhri. “KRITIK SANAD HADIS: Tela’ah Metodologis.” Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, Dan Fenomena Agama 15, no. 1 (2014): 91–109. https://doi.org/10.19109/jia.v15i1.482.

Najib, Agus Moh. “AMAL AHLU AL-MADINAH SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM (Pandangan Imam Malik Ibn Anas Dalam Kitab Al-Muwatta`).” Al-Mazaahib: Jurnal Perbandingan Hukum 1, no. 2 (December 1, 2012). https://doi.org/10.14421/al-mazaahib.v1i2.1354.

Nikmah, Shofiatun. “Epistemologi Hadis Dalam Perspektif Kelompok Syiah Dan Khawarij.” Al Mabhats : Jurnal Penelitian Sosial Agama 4, no. 2 (June 30, 2019): 181–98. https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/AlMabhats/article/view/3033.

Novera, Melia, and Vina Qurrotu A’yun. “KRITIK SANAD DAN MATAN: Telaah Kitab Khulasoh Adz-Zahabiyah Fi Qawaidi Oleh Dr. Tageldin Abbas.” Dirayah: Jurnal Ilmu Hadis 4, no. 2 (2024): 242–61. http://e-jurnal.stiqarrahman.ac.id/index.php/dirayah/article/view/266.

Nugraha, Zakiy Muflih. “Skeptisisme Teori Common Link GHA Juynboll Terhadap Otentisitas Hadis Dan Bantahan Kepadanya.” Al-Bukhari: Jurnal Ilmu Hadis 5, no. 1 (2022): 20–38. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/bukhari/article/view/3677.

Nur, Maizuddin M. “Analisis Isnad Cum Matn: Mengukur Kritik Hadis Muslim Dan Barat.” Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin 18, no. 2 (October 1, 2016): 233–46. https://doi.org/10.22373/substantia.v18i2.3009.

Pasaribu, Muhammad Khoirul Anwar, Zakky Ali Pratama, and M. Ag Prof. Dr. H. Zikri Darussamin. “PERKEMBANGAN HADITS PASCA KODIFIKASI SAMPAI 656 H.” El-Mizzi : Jurnal Ilmu Hadis 2, no. 1 (May 7, 2023): 25–43. https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/em/article/view/1983.

Rustina, N. “Model Pembacaan Basmalah Pada Surah Al-Fâtih? Ah Dalam Shalat; Kajian Hadis Tah? Lîlîy.” Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman 6, no. 2 (2018): 140–64. https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/tafaqquh/article/view/139.

Sahputra, Hery. “PEMIKIRAN KRITIK SANAD HADIS.” SHAHIH (Jurnal Ilmu Kewahyuan) 5, no. 1 (April 30, 2022). https://doi.org/10.51900/shh.v5i1.12606.

Saifuddin, Saifuddin. “Transmisi Hadis Dan Kontribusinya Dalam Pembentukan Jaringan Keilmuan Dalam Islam.” Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin 8, no. 2 (2009): 255–85. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/ushuluddin/article/view/1395.

Saladin, Bustami, Muhammad Taufiq, and Sebti Ibni Syatirah. “The Impact of Nashirudin Al Albani’s Tarjih Hadith Method on Differences in Mazhab and Qur’anic Interpretation.” Diroyah: Jurnal Studi Ilmu Hadis 8, no. 1 (2023): 204–17. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/Diroyah/article/view/28456.

Salman, Abdul Matin Bin, and Abdul Matin. “Hadis Nabi Dalam Politik Kekuasaan. Studi Pemaknaan Hadis Nabi Perspektif Kekuasaan.” Al Quds: Jurnal Studi Alquran Dan Hadis 6, no. 2 (2022): 471–94. https://scholar.archive.org/work/4dqxdjrchre2ve5jt6sblx6du4/access/wayback/http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/alquds/article/download/4236/pdf.

Sani, Azwar. “Pergeseran Metodologi Kesahihan Sanad Hadis Dalam Pemikiran Syuhudi Ismail.” El-Wasathy: Journal of Islamic Studies 1, no. 2 (2023): 94–108. https://journal.webammi.org/index.php/JEW/article/view/31.

Siregar, Muhammad Nuh, Hakkul Yakin Siregar, and Maulana Hasan. “TEORI JOSEPH SCHACHT TENTANG ḤADĪṠ.” Journal of Hadith and Prophetic Tradition 4, no. 2 (2025): 30–41. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/Al-Thiqah/article/view/23091.

Solikhudin, Muhammad, and Khamim Khamim. “Kontroversi Dan Kritik Terhadap Hadis Riwayat Abu Hurairah.” Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman 9, no. 1 (June 7, 2021): 1–16. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v9i1.343.

Sumbulah, Umi. “Kajian Kritis Ilmu Hadis.” UIN-Maliki Press, 2010. http://repository.uin-malang.ac.id/1501/.

Syafi`i, Imam, and N. H. Nafi`atul Amimah. “Ketsiqohan Perawi Hadits Dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Hadits.” FIQHUL HADITS : Jurnal Kajian Hadits dan Hukum Islam 1, no. 1 (2023): 1–12. https://jurnal.mahadalygenggong.ac.id/index.php/jmag/article/view/1.

Wati, Erna Ambar. “Tradisi Lisan Sebagai Sumber Sejarah.” Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah 2, no. 1 (2023): 52–59. https://mail.online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/24049.

Yasmin, Nabila, and Yusra Dewi Siregar. “Historiografi Islam,” 2021. http://repository.uinsu.ac.id/13569/1/DIKTAT%20AA%20NABILA.pdf.

Zulfikar, Eko. “Otentisitas Dan Validitas Hadis Dalam Perspektif Ulama Modern.” Jurnal Studi Hadis Nusantara 2, no. 2 (2020): 194–218. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jshn/article/view/7652.

Downloads

Published

2025-08-04

How to Cite

Akib, M., Ngaeniyah, D. R., & Sari, I. N. I. (2025). Kritik Hadis dalam Tradisi Lisan: Analisis Antropologis atas Otoritas Sanad. KACA (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin, 15(2), 325–349. https://doi.org/10.36781/kaca.v15i2.940

Issue

Section

Articles