Qurrā dan Kelompok Radikal di Awal Perkembangan Islam: Studi Atas Resepsi Kelompok Khawarij Terhadap Al-Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.36781/kaca.v15i2.945Abstract
Tulisan ini menelusuri kemunculan kelompok Islam radikal pada masa awal perkembangan Islam dengan memfokuskan perhatian pada kelompok Khawarij. Mereka dikenal sebagai para penghafal Al-Qur’an (qurrā’) yang memiliki corak keberagamaan yang ketat dan cenderung ekstrem. Dengan menggunakan metode deskriptif-analitis dan pendekatan teori resepsi Al-Qur’an, tulisan ini mengkaji bagaimana kelompok Khawarij meresepsi Al-Qur’an, dalam dua bentuk: performatif dan informatif. Resepsi performatif mengacu kepada Al-Qur’an yang dibaca, dihafal, atau digunakan dalam ritual sehari-hari; sedangkan resepsi informatif mengacu kepada Al-Qur’an yang dipahami melalui isyarat-isyarat kebahasaan. Secara performatif, Khawarij menampilkan komitmen tinggi dalam pembacaan dan penghafalan Al-Qur’an. Secara informatif, mereka menafsirkan teks-teks keagamaan secara literal, menolak ta’wil dan pendekatan analogis (qiyās), serta menjadikannya sebagai dasar pembentukan doktrin takfīr. Studi ini juga menunjukkan bahwa resepsi mereka terhadap Al-Qur’an dipengaruhi oleh latar sosial-geografis mereka, yakni komunitas Arab Badui yang berada di pinggiran kekuasaan pusat, dengan akses terbatas terhadap tradisi intelektual Islam. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam memahami hubungan antara latar sosial dan pola keberagamaan dalam sejarah awal Islam.
Downloads
References
Abdullah, Anzar. “Gerakan Radikalisme dalam Islam: Perspektif Historis.” Addin 10, no. 1 (February 1, 2016): 1–28. https://doi.org/10.21043/addin.v10i1.1127.
Abdullah. “Epistemologi Tafsîr Takfîrî Madzhab Ibâdliyyah Khawârij (Studi tafsir Hamyân az-Zâd ilâ Dâr al-Ma'âd karya Muhammad bin yusuf Itfisy.” Jurnal Fikrah: Jurnal Ilmu Akidah dan Studi Keagamaan 10, no 1 (2016).
Abegebriel, A. Maftuh, and A. Yani Abeveiro. Negara Tuhan: The Thematic Encyclopedia. Jakarta: SR-Ins Publishing, 2004.
Adam, Gaiser. “The Kharijites and Contemporary Scholarship.” History Compass 7, no. 5 (2009): 1376–90. https://doi.org/10.1093/OBO/9780195390155-0159.
Amrullah, Sony. “Melacak Jejak Radikalisme Dalam Islam: Akar Ideologis Dan Eksistensinya Dari Masa Ke Masa.” Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2 (August 30, 2018): 1–9. https://doi.org/10.29062/dirasah.v1i2.5.
Anthony, Sean W. The Caliph and the Heretic: Ibn Sabaʾ and the Origins of Shiʿism. Leiden: Brill, 2011.
Anwar, Rosihon. Ilmu Kalam. Bandung: Pustaka Media, 2000.
Arkound, Mohammed, and Louis Gardet. Islam Kemaren Dan Hari Esok. Bandung: Penerbit Pustaka, 1997.
Bukhari, Muhammad bin Isma’il Abu Abdullah al-. Shahih Bukhari. Vol. 3. Beirut: Dar Ibn Katsir al-Yamamah, 1984.
Crone, Patricia, and Martin Hinds. God’s Caliph: Religious Authority in the First Centuries of Islam. Cambridge: Cambridge University Press, 2003.
Dzahabi, Muhammad Husein Al. at-Tafsir wa al-Mufassirun. Kairo: Maktabah Wahbah, 2000.
Gill, Sam D. “Non-Literate Tradition and Holy Books”, dalam Frederick Denny dan Rodney Taylor, The Holy book in the Comparative Perspective. Columbia: South Carolina Press, 1993.
Goldziher, Ignaz. Madzhab Tafsir: dari Aliran Klasik Hingga Modern. Yogyakarta: eLSAQ, 2006.
Hagemann, Hannah-Lena. The Kharijites in Early Islamic Historical Tradition: Heroes and Villains. United Kingdom: Edinburgh University Press, 2021.
Hinds, Martin. “The Siffin Arbitration Agreement.” Journal of Semitic Studies 17, no. 1 (1972): 93–129. https://doi.org/10.1093/jss/17.1.93.
H.Z.A, Syihab. Akidah Ahlus Sunnah. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2004.
Jannah, Nur. Radikal VS Moderat: Atas Nama Dakwah, Amar Makruf Nahi Mungkar Dan Jihad (Perspektif Psikologi). Yogyakarta: Aswaja Presindo, 2013.
Juynboll, G. H. A. “The Qurrā’ in Early Islamic History.” Journal of the Economic and Social History of the Orient 16, no. 2/3 (1973): 113–29. https://doi.org/10.2307/3596211.
Hitti, Philip K. History of The Arabs. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2008.
Karomah, Atu. “Faktor-Faktor Kemunculan Gerakan Radikal dalam Islam.” Al Qalam 28, no. 3 (January 31, 2019): 515–34. https://doi.org/10.32678/alqalam.v28i3.888.
Kennedy, Hugh. The Armies of the Caliphs: Military and Society in the Early Islamic State. New York: Routledge, 2013.
Lewinstein, Keith. “The Azāriqa in Islamic Heresiography.” Bulletin of the School of Oriental and African Studies 54, no. 2 (1991): 251–68.
Madjid, Abdul. Khalifah Ali Ibn Abi Thalib. Kairo: Dar al-Ma’ruf, 1999.
Mansyur, M., Muhammad Chirzin, and Muhammad Yusuf. Metodologi Penelitian Living Qur’an Dan Hadis. Yogyakarta: Teras, 2007.
Madelung, Wilferd. The Succession to Muhammad: A Study of the Early Caliphate. Cambridge: Cambridge University Press, 2004.
Mua'wwanah, Nafisatul. "The Evolution of 'Kafir' in the Qur’an: A Diachronic Study on the Socio-Political Influences Shaping Its Meaning." Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al-Qur'an dan Hadis 25, no. 1 (2024): 187-220.
Mufid, Fathul. “Radikalisme Islam dalam Perspektif Epistemologi" Addin, 2016. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Addin/article/view/1129/1058.
Musthafa, Naveen Abdul Khalik. Oposisi Islam. Yogyakarta: LKiS, 2012.
Naisaburi, Muslim bin al-Hajjaj Abu al-Husain an-. Shahih Muslim. Vol. 3. Beirut: Dar al-Ihya’ al-Turats al-‘Arabiy, n.d.
Najar, Amir al-. Al-Khawarij Aqidah Fikran Wa Falsafah. Kairo: Dar al-Ma’rifah, 1988.
Rafiq, Ahmad. “The Living Qur’an: Its Text and Practice in the Function of the Scripture.” Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis 22, no. 2 (2021): 469–84.
-----------------"Pendahuluan" dalam Muhammad Barir. Tradisi Al-Qur’an di pesisir: jaringan kiai dalam transmisi tradisi Al-Qur’an di gerbang Islam tanah Jawa. Yogyakarta: Nurmahera, 2017.
Rofiq, Ahmad Choirul “Awal Radikalisme Islam: Penyebab Kemunculan Khawarij.” Al-Tahrir, vol. 14, no. 1, May 2014, pp. 225–48.
Saeed, Abdullah. The Qur’an: an Introduction. London: Routledge, 2008.
Sawiy, Khairuddin Yujah. Perebutan Kekuasaan Khalifah Menyingkap Dinamika Dan Sejarah Politik Kaum Sunni. Yogyakarta: Safiria Insani Press, 2005.
Shiddiqi, Nourouzzaman. “Sunni Dalam Perspektif Sejarah.” Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies 32, no. 57 (1994): 1–12. https://doi.org/10.14421/ajis.1994.3257.1-12.
Sidqi Nuruzzaman. Syi’ah Dan Khawarij. Yogyakarta: PLP2M, 1985.
Sou`yb, Joesoef. Sejarah Daulat Khulafaur Rasyidin. Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
Syaibaniy, Ahmad bin Hanbal Abu Abdullah asy-. Musnad Ahmad. Mesir: Mu’assasah Qarthabah, n.d.
Syamsuddin, Sahiron. Islam, Tradisi, Dan Peradaban. Yogyakarta: Bina Mulia, 2012.
Ṭabarī, Ibnu Jarīr al-. Tārīḥ Al-Ṭabarī. Riyadh: Bait al-Afkar ad-Daulah, n.d.
Thahir, Ajid. Sirah Nabawiyah: Nabi Muhammad Dalam Kajian Ilmu Sosial-Humaniora. Bandung: Marja, 2014.
Watt, W. Montgomery. Politik Islam Dalam Lintasan Sejarah. Terj. Helmi Ali dan Muntaha Azhari. Jakarta: P3M, 1988.
Yahaya, Mahayudin Haji. "The Kufan Qurra’ in Early Islam". 1980, dalam http://journalarticle.ukm.my/4101.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nafisatul Mu'awwanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






