TEACHER PROFESSIONALITY IMPROVEMENT THROUGH TRAINING IN THE USE OF APE MEDIA (EDUCATIONAL GAME TOOLS) AT MI YATABU SURABAYA

PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU MELALUI PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA APE (ALAT PERMAINAN EDUKATIF) DI MI YATABU SURABAYA

Authors

  • Ficky Dewi Ixfina STAI AL FITHRAH
  • Pratama Surya Bagus Kusuma STAI Al Fithrah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36781/khidmatuna.v2i1.398

Keywords:

Profesional, Guru, Media APE

Abstract

Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pendidikan di Indonesia yang terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan di segala aspek, untuk mengembangkan dan memajukan pendidikan, pemerintah senantiasa memberikan dorongan kepada lembaga pendidikan untuk melakukan inovasi-inovasi, salah satu cara untuk merealisasikan adalah adanya Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Media APE (Alat Permainan Edukatif) di lembaga pendidikan Islam sebagai bentuk inovasi mendorong kemajuan pendidikan Islam. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian yakni menggunakan pendekatan ABCD Asset Based Community melalui langkah langkah Discovery, Dream, Design, Define, dan Destiny. Hasil kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PkM) secara garis besar mencakup beberapa komponen sebagai berikut: Pertama, keberhasilan target jumlah peserta pelatihan. Kedua, ketercapaian tujuan pelatihan. Ketiga, Ketercapaian target materi yang telah direncanakan. Keempat, kemampuan peserta dalam penguasaan materi.

References

Ahmad, M. (2007). Asset Based Communities Development (Abcd): Tipologikkn Partisipatif Uin Sunan Kalijaga Studi Kasus Pelaksanaan KKN ke-61 di Dusun Ngreco Surocolo, Selohardjo,Pundong, Bantul Tahun Akademik 2007. JurnalAplikasillmu-ilmuAgama, 8(2), 104-113.

Ariyanti , & Muslimin, Z. I. (2015). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Media dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Kelas 2 di SDN 2 Wonotirto Bulu Temanggung. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(1), 58-69.

Buchari, A. (2018). Peran Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra, 12 (2), 1-19.

Hamdani , & Beni. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Ixfina, F. D., Syamsudin, & Fitriani, S. L. (2022). Pendidikan Multikultural di Lembaga Pendidikan Islam Konsep dan Implementasinya di MI Al Ichsan Surabaya. AL-WIJDÁN,, 7(2), 219-232.

Masykur, R., Nofrizal, & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan. Jurnal Pendidikan Matematika, 177-186.

Nasution. (1986). Didaktik Azas-Azas Mengajar. Bandung: Jamers.

Rusman, Kurniawan, D., & Riana, C. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Selas, D., Umam, K., & Alfiyanti, D. P. (2021). Pendekatan ABCD (Asset Based Communitty Development): Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Melalui Pelatihan Pembuatan Telur Asin di Desa marikangen Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Jurnal Etos, 3(2), 176–188.

Sudjana, N. (2004). Pedoman Praktis Mengajar. Bandung: Dermaga.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Ixfina, F. D., & Kusuma, P. S. B. (2023). TEACHER PROFESSIONALITY IMPROVEMENT THROUGH TRAINING IN THE USE OF APE MEDIA (EDUCATIONAL GAME TOOLS) AT MI YATABU SURABAYA: PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU MELALUI PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA APE (ALAT PERMAINAN EDUKATIF) DI MI YATABU SURABAYA. KHIDMATUNA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 14–20. https://doi.org/10.36781/khidmatuna.v2i1.398

Issue

Section

Articles