THE ROLE OF MENTORING KKN STUDENTS IN INCREASING INTEREST IN READING THE QUR'AN IN RARAWA VILLAGE

PERAN PENDAMPINGAN MAHASISWA KKN DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA AL-QUR’AN DI DESA RARAWA

Authors

  • Ina Tri Purnama IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.36781/khidmatuna.v2i2.496

Keywords:

peran, pengkaderan, Al-Qur'an

Abstract

Mahasiswa IAIN Palangka Raya melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di salah satu Desa yang ada di Barito Utara, Kalimantan Tengah. Desa yang tunjuk adalah Desa Rarawa, tujuan kami di desa tersebut adalah untuk menjalankan program kerja yang sudah rencanakan. Adapun masalah yang di angkat adalah kurangnya pemahaman anak-anak dalam membaca Al-Quran dan materi tata cara berwudhu. Oleh karena itulah peneliti mengadakan pengkaderan bagi anak-anak yang sudah lancar dalam membaca Al-Quran dan paham mengenai materi tata cara berwudhu. Tujuan pengkaderan tersebut adalah mewujudkan jiwa kepemimpinan bagi anak-anak dan memberikan luang bagi mereka untuk menunjukkan keahlian mereka dalam membaca Al-quran dan meteri mengenai tata cara berwudhu, selain itu juga pengkaderan ini salah satu bertujuan untuk tutor sebaya sekaligus membantu pengajar yang lain yaitu Bapak Ustadz Pargiansyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ceramah, tanya jawab, dan demokrasi. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa peran dan solusi yang dapat diberikan mahasiswa KKN agar jumlah anak-anak di Desa Rarawa yang membaca Al-quran masih tetap bertahan dan bertambah banyak. Dengan adanya pengkaderan bacaan Al-Quran ini diharapkan dapat meningkatkan  kemampuan anak-anak di Desa Rarawa  dalam membaca Al-Qur’an dengan ilmu tajwid setelah beberapa kali bimbingan.

References

Ahmad, M. Yusuf, and Syahraini Tambak. 2017a. “Hubungan Metode Tanya Jawab Dengan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2(1):89–110. doi: 10.25299/ALTHARIQAH.2017.VOL2(1).650.

Fajri Rahmadhani Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh Address, Nurul, Jl Syeikh Abdul Rauf Kopelma Darussalam, and Banda Aceh. n.d. “Bimbingan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Ilmu Tajwid Pada Santri Pengajian Gampong Merduati.” Journal.Ar-Raniry.Ac.IdNF RamadhaniJurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2023•journal.Ar-Raniry.Ac.Id 3(1). doi: 10.22373/jrpm.v3i1.1037.

Hanik, Umi, and Sania Amirah Husna. 2021. “Pengenalan Huruf Hijaiyah Siswa Kelas 3 Sd Dengan Metode Iqro’ Dan Tilawati Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Tpq Al-Ittihad-Kediri: Studi Pengabdian Pada Masyarakat.” Abdimas Indonesian Journal 1(1):73–87. doi: 10.59525/AIJ.V1I1.72.

Irwan, Irwan, Syafruddin Side, Muhammad Irfan, Waode Nurlaelah, St. Nurhilmah Busrah, Suriyandi Suriyandi, and Muhammad Nur Ilham. 2022. “Penerapan Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Desa Mallongi Longi Kabupaten Pinrang.” ARRUS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):12–17. doi: 10.35877/454RI.ABDIKU1311.

Lokal, F. Nofiard-Jurnal Ilmu Politik &. Pemerintahan, and undefined 2013. n.d. “Kaderisasi Kepemimpinan Pambakal (Kepala Desa) Di Desa Hamalau Kabupaten Hulu Sungai Selatan.” Ppjp.Ulm.Ac.IdF NofiardJurnal Ilmu Politik & Pemerintahan Lokal, 2013•ppjp.Ulm.Ac.Id.

Rahayu, Eka Yuni. 2017. “Efektivitas Penggunaan Metode Demonstrasi Dan Drill Dalam Meningkatkan Ibadah Sholat.” TAMADUN 4(1).

Retnasari, Lisa, Suyitno Suyitno, and Yayuk Hidayah. 2019. “Penguatan Peran Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Sebagai Pendidikan Karakter Religius.” Jurnal SOLMA 8(1):32. doi: 10.29405/SOLMA.V8I1.2968.

Riswanda, Rizki, Novi Zahra, Nurul Mausufi, Nailan Rahma NST, and Muhammad Nuh Siregar. 2022. “Peran Mahasiswa KKN Dalam Mengurangi Buta Aksara Al-Qur’an Di Kelurahan Pulo Brayan Kota.” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) 7(3):506. doi: 10.29210/30032079000.

Taufik, Ahmad, Sahidul Anam, M. Nabil Kenedy, Rupita Sari, Chusnul Ngatiyah, and Sela Anggraini. n.d. “Pemberdayaan TPQ Melalui Kegiatan BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Di TPQ Miftahu Huda Desa Banjarsari.” Trilogi.Ac.Id. doi: 10.37092/ul.v5i1.xxx.

Widyastuti, Nur Anisa Amala. 2023. “Penerapan Metode Qira’ati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an (Studi Kasus TPQ Al-Ma’roef, Ngembalrejo, Kudus).”

Wirabumi, Ridwan. 2020. “Metode Pembelajaran Ceramah.” Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET) 1(1):105–13.

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Purnama, I. T. (2023). THE ROLE OF MENTORING KKN STUDENTS IN INCREASING INTEREST IN READING THE QUR’AN IN RARAWA VILLAGE: PERAN PENDAMPINGAN MAHASISWA KKN DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA AL-QUR’AN DI DESA RARAWA. KHIDMATUNA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 26–32. https://doi.org/10.36781/khidmatuna.v2i2.496

Issue

Section

Articles