Implementasi Project Based Learning Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPS MI/SD 2 untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Kerjasama Mahasiswa

Authors

  • Rohana Sufia
  • Tuti Marlina STAI AL FITHRAH

DOI:

https://doi.org/10.36781/tarbawi.v11i2.296

Keywords:

Project Based Learning, motivasi, kerjasama

Abstract

Kegiatan belajar mengajar akan menentukan tercapainya keberhasilan dalam mencapai suatu tujuan pendidikan salah satunya dengan cara menerapkan Project Based Learning. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas proses pembelajaran adalah mahasiswa dalam proses belajarnya mempunyai motivasi yang berbeda-beda, pada satu sisi ada yang memiliki motivasi tinggi pada satu sisi lain motivasinya rendah. Maka dari itu dalam belajar diperlukan sebuah motivasi yang dapat mempengaruhi hasil belajar yang diharapkan yaitu mencapai hasil yang optimal.  Project Based Learning adalah model yang melibatkan seluruh mahasiswa dalam memecahkan masalah. Mahasiswa dibimbing untuk dapat membangun sendiri pengetahuannya mulai dari pertanyaan yang mendasar sampai dalam merencanakan pembuatan proyek secara berkelompok untuk menumbuhkan motivasi dan kerjasama. Peneliti menggunakan metode penelitian classroom action research dengan pendekatan kualitatif deskriptif, lokasi penelitian yakni di STAI Al Fitrah Surabaya, Jawa Timur. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan mengumpulkan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menarik sebuah kesimpulan dari hasil pengumpulan data. Hasil menunjukkan bahwa dengan penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan kerjasama mahasiswa. Model ini mampu menumbuhkan aspek kerjasama serta motivasi bagi mahasiswa baik secara pribadi mereka sendiri ataupun saat kerja berkelompok. Selama menerapkan model Project Based Learning juga dapat menstimulus aksi kerjasama hingga meningkatkan motivasi dan menghasilkan sebuah produk yang layak bagi mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirudin, A. dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi. (Vol. 20. No.1) Januari 2015.

Baharuddin dan Wahyuni, Esa Nur Teori Belajar & Pembelajaran, (Jogjakarta: ARRUZZMEDIA, 2012)

Eggen, P., dan Kauchak, D. 2012. Srategi dan Model Pembelajaran, Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. (Jakarta: Indeks).

Ramadhani, Hetti Sari. “Efektivitas metode pembelajaran scl (student centered learning) dan tcl (teacher centered learning) pada motivasi instrinsik & ekstrinsik mahasiswa psikologi untag surabaya angkatan tahun 2014 – 2015, PESONA: Jurnal Psikologi Indonesia (No. 2 Vol. 1 Desember 2017) hlm 66-74. (http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/persona/article/view/1302)

Shahbana, Elvia Baby, dkk., “Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran”, Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan. (No. 1 Vol. 9) Maret 2020

Kemmis, Stephen.. A Self-Reflective Practitioner and a New Definition of Critical Participatory Action Research. 10.1007/978-94-007-0805-1_2. 2011

Nilakusmawati, Desak Putu Eka, dkk. “Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Udayana.” Diakses melalui https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_pengabdian_dir/f166377f1913726f4a67d7be6fa7eee9.pdf . 2015.

Tarunasena, Ma’mur. Handout perkuliahan “Kelebihan dan Kelemahan PTK”. UPI-Bandung. http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR._PEND._SEJARAH/196808281998021-TARUNASENA/Handout/KELEBIHAN_dan_KLEMAHAN_PTK.pdf

Hamalik, Oemar Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2010)

Kokotsaki, Dimitra., Menzies, Victoria., Wiggins, Andy Sage Journal: Project-based learning: A review of the literature. 2016. (Vol. 19 issue. 3)

Kokotsaki, Dimitra. et.al.,. Sage Journal: Project-based learning: A review of the literature. 2016. Vol. 19 issue. 3, page(s): 267-277. https://doi.org/10.1177/1365480216659733 2016

George Lucas Educational Foundation, “How Does Project-Based Learning Work? Tools for understanding the process of planning and building projects”. https://www.edutopia.org/project-based-learning-guide-implementation . 2007.

Downloads

Published

2023-06-16

How to Cite

Sufia, R., & Marlina, T. (2023). Implementasi Project Based Learning Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPS MI/SD 2 untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Kerjasama Mahasiswa. Jurnal TARBAWI, 11(2), 109–126. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v11i2.296

Issue

Section

Articles