Integrasi Pembelajaran Bahasa Arab dan Islam : Aplikasi Content Language Integrated Learning (CLIL)

Integrasi Pembelajaran Bahasa Arab dan Islam : Aplikasi Content Language Integrated Learning (CLIL)

Authors

  • Syamsul Arifin UIN Syarif Hidayatulla Jakarta
  • Muidlotun Nisa
  • Banun Binaningrum UIN Syarif Hidayatulla Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36781/tarbawi.v10i1.161

Keywords:

Integrasi, Pembelajaran Bahasa Arab, Islam, CLIL

Abstract

Bahasa Arab dan Islam merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Meski demikian, kedua hal tersebut tidak selalu berbanding lurus, sebab faktanya memang tidak semua yang terkait bahasa Arab itu Islam akan tetapi setiap hal yang terkait Islam meniscayakan bahasa Arab. Pemeluk Islam niscaya mempelajari bahasa Arab sebab ada dogma tertentu yang tidak bisa menggantikan bahasa Arab dengan bahasa lain seperti bacaan sholat dan lain sebagainya. Oleh karena itu bahasa Arab dianggap penting diajarkan kepada para pengkaji Islam karena sumber primer Islam adalah bahasa Arab. Penelitian ini mengungkap sebuah paradigma baru CLIL yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab berbasis konten yaitu Pembelajaran agama Islam diajarkan melalui pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis-deskriptif dengan data primer konsep CLIL dari beberapa literatur dan data sekunder yaitu beberapa artikel yang relevan dengan topik ini. Penelitian ini menemukan bahwa dalam proses pembelajaran agama Islam berupa pengkajian Al-Quran, Hadis atau kitab klasik (kitab kuning) yang berbahasa Arab, secara tidak langsung sebenarnya ada proses pembelajaran bahasa Arab. Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa CLIL merupakan metode dan strategi yang sangat mendukung visi dan misi integrasi suatu lembaga sehingga capaian pembelajaran yang digariskan juga mampu dilakukan pada mata pelajaran lain yang berbeda dalam satu proses pembelajaran.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-11-2021

How to Cite

Syamsul Arifin, Nisa, M., & Banun Binaningrum. (2021). Integrasi Pembelajaran Bahasa Arab dan Islam : Aplikasi Content Language Integrated Learning (CLIL) : Integrasi Pembelajaran Bahasa Arab dan Islam : Aplikasi Content Language Integrated Learning (CLIL) . Jurnal TARBAWI, 10(1), 49–64. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v10i1.161

Issue

Section

Articles