Profesionalisme Guru dalam Implementasi Teknologi di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Glagah Lamongan

Authors

  • ghoyatul qoshwa UIN Sunan Ampel
  • Evi Fatimatur Rusydiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

Profesionalisme, guru, implementasi, teknologi

Abstract

Profesionalisme guru dalam memanfaatkan teknologi menjadi tuntutan Guru pada Era digital. Mereka memiliki kewajibab dan tuntutan dalam meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Guru yang tidak professional dalam mengembangkan model pembelajaran karena mereka tidak menguasi teknologi maka tidak dapat memperbaiki mutu pendidikan sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian in menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana profesionalisme guru dalam menggunakan teknologi di MA Bustanul Ulum. Hasil penelitian ini menemukan bahwa profesionalisme guru dalam menggunakan teknologi pada pembelajaran masih terbatas dengan memanfaatkan power point, mencari melalui internet untuk pengayaan referensi, dan memanfaatkan google formulir untuk peniliaan. Oleh Karena itu terdapat dua hal utama tentang kemampuan professionalisme berkelanjutan yang ditemukan juga dalam penelitian ini. Kedua tersebut adalah pertama, pendidik mengimplementasikan media mengajar atau visual audio (contohnya TIK) untuk membangkitkan motivasi belajar siswa untuk mencapai tujuan belajar mengajar. Kedua, pendidik bisa menggunakan TIK dalam berinteraksi dan pembelajaran PKB (Pengembangan Keprofesionalisme Berkelanjutan).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

11-07-2021 — Updated on 12-08-2021

Versions

How to Cite

qoshwa, ghoyatul, & Fatimatur Rusydiyah, E. (2021). Profesionalisme Guru dalam Implementasi Teknologi di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Glagah Lamongan. Jurnal TARBAWI, 9(1), 1–20. Retrieved from https://jurnal.alfithrah.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/138 (Original work published July 11, 2021)

Issue

Section

Articles