Moral Agama dalam Dunia Anak : Eksplorasi Nilai Religius di TK Ar-Rohman Sedati
DOI:
https://doi.org/10.36781/tarbawi.v16i01.1120Keywords:
nilai religius, anak usia dini, pendidikan karakter, TK Ar-rahman, moral agamaAbstract
Penanaman nilai moral dan religius pada anak usia dini merupakan fondasi penting dalam membentuk karakter dan kepribadian anak di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi nilai-nilai religius dalam kegiatan pembelajaran di TK Ar-Rohman Sedati. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai religius ditanamkan melalui kegiatan rutin seperti doa bersama, pembiasaan berperilaku santun, serta pendekatan pembelajaran berbasis cerita islami. Selain itu, peran guru dan lingkungan sekolah sangat berpengaruh dalam membentuk perilaku religius anak. Kesimpulannya, integrasi nilai moral agama dalam kegiatan sehari-hari di TK Ar-Rohman Sedati mampu membentuk dasar karakter religius yang kuat pada anak sejak dini.
Downloads
References
Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.
Fitriyah, F. (2019). Implementasi Pengembangan Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini melalui Metode Keteladanan di TK Al-Muhsin. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.20414/iek.v1i1.1809
Fitriyah, F. (2019). Implementasi Pengembangan Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini melalui Metode Keteladanan di TK Al-Muhsin. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.20414/iek.v1i1.1809
Hasanah, L., Fitri, L., Fadhila, Q. N., Rifati, M., & Ma’rifah, D. (2024). Pentingnya Pengajaran Kisah-kisah Nabi dalam Kurikulum TK: Membentuk Kesadaran Agama dan Moral Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Hasanah, L., Fitri, L., Fadhila, Q. N., Rifati, M., & Ma’rifah, D. (2024). Pentingnya Pengajaran Kisah-kisah Nabi dalam Kurikulum TK: Membentuk Kesadaran Agama dan Moral Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Meilasari, D., & Ichsan, I. (2020). Metode Penanaman Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i4.3820
Meilasari, D., & Ichsan, I. (2020). Metode Penanaman Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i4.3820
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Patimah, R. (2023). Upaya Meningkatkan Nilai Agama dan Moral Anak melalui Metode Bercerita. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9855
Patimah, R. (2023). Upaya Meningkatkan Nilai Agama dan Moral Anak melalui Metode Bercerita. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9855
Piaget, J. (1969). The Psychology of the Child. New York: Basic Books.
Ruliani, R., & Istikomah, I. (2024). Metode Pengembangan Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini. Islamologi: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 1(2). https://doi.org/10.31004/islamologi.v1i2.236
Ruliani, R., & Istikomah, I. (2024). Metode Pengembangan Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini. Islamologi: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 1(2). https://doi.org/10.31004/islamologi.v1i2.236
Rusdiani, N. I., Setyowati, L., Agustina, N. P., Nurleha, N., & Mahardhani, A. J. (2021). Penguatan Moral dan Agama Anak Usia Dini melalui Pembiasaan Sholat Dhuha di TK Negeri Pembina Ponorogo. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(1). https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.6553
Rusdiani, N. I., Setyowati, L., Agustina, N. P., Nurleha, N., & Mahardhani, A. J. (2021). Penguatan Moral dan Agama Anak Usia Dini melalui Pembiasaan Sholat Dhuha di TK Negeri Pembina Ponorogo. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(1). https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.6553
Zuriah, S. M., & Ariyani, D. (2022). Penanaman Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini Perspektif Peran Orang Tua. Zuriah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.29240/zuriah.v3i2.5078
Zuriah, S. M., & Ariyani, D. (2022). Penanaman Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini Perspektif Peran Orang Tua. Zuriah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.29240/zuriah.v3i2.5078
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rochma Ervina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




