Moral Agama dalam Dunia Anak : Eksplorasi Nilai Religius di TK Ar-Rohman Sedati

Authors

  • Rochma Ervina IAI YPBWI Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36781/tarbawi.v16i01.1120

Keywords:

nilai religius, anak usia dini, pendidikan karakter, TK Ar-rahman, moral agama

Abstract

Penanaman nilai moral dan religius pada anak usia dini merupakan fondasi penting dalam membentuk karakter dan kepribadian anak di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi nilai-nilai religius dalam kegiatan pembelajaran di TK Ar-Rohman Sedati. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai religius ditanamkan melalui kegiatan rutin seperti doa bersama, pembiasaan berperilaku santun, serta pendekatan pembelajaran berbasis cerita islami. Selain itu, peran guru dan lingkungan sekolah sangat berpengaruh dalam membentuk perilaku religius anak. Kesimpulannya, integrasi nilai moral agama dalam kegiatan sehari-hari di TK Ar-Rohman Sedati mampu membentuk dasar karakter religius yang kuat pada anak sejak dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Fitriyah, F. (2019). Implementasi Pengembangan Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini melalui Metode Keteladanan di TK Al-Muhsin. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.20414/iek.v1i1.1809

Fitriyah, F. (2019). Implementasi Pengembangan Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini melalui Metode Keteladanan di TK Al-Muhsin. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.20414/iek.v1i1.1809

Hasanah, L., Fitri, L., Fadhila, Q. N., Rifati, M., & Ma’rifah, D. (2024). Pentingnya Pengajaran Kisah-kisah Nabi dalam Kurikulum TK: Membentuk Kesadaran Agama dan Moral Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Hasanah, L., Fitri, L., Fadhila, Q. N., Rifati, M., & Ma’rifah, D. (2024). Pentingnya Pengajaran Kisah-kisah Nabi dalam Kurikulum TK: Membentuk Kesadaran Agama dan Moral Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Meilasari, D., & Ichsan, I. (2020). Metode Penanaman Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i4.3820

Meilasari, D., & Ichsan, I. (2020). Metode Penanaman Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i4.3820

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Patimah, R. (2023). Upaya Meningkatkan Nilai Agama dan Moral Anak melalui Metode Bercerita. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9855

Patimah, R. (2023). Upaya Meningkatkan Nilai Agama dan Moral Anak melalui Metode Bercerita. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9855

Piaget, J. (1969). The Psychology of the Child. New York: Basic Books.

Ruliani, R., & Istikomah, I. (2024). Metode Pengembangan Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini. Islamologi: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 1(2). https://doi.org/10.31004/islamologi.v1i2.236

Ruliani, R., & Istikomah, I. (2024). Metode Pengembangan Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini. Islamologi: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 1(2). https://doi.org/10.31004/islamologi.v1i2.236

Rusdiani, N. I., Setyowati, L., Agustina, N. P., Nurleha, N., & Mahardhani, A. J. (2021). Penguatan Moral dan Agama Anak Usia Dini melalui Pembiasaan Sholat Dhuha di TK Negeri Pembina Ponorogo. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(1). https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.6553

Rusdiani, N. I., Setyowati, L., Agustina, N. P., Nurleha, N., & Mahardhani, A. J. (2021). Penguatan Moral dan Agama Anak Usia Dini melalui Pembiasaan Sholat Dhuha di TK Negeri Pembina Ponorogo. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(1). https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.6553

Zuriah, S. M., & Ariyani, D. (2022). Penanaman Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini Perspektif Peran Orang Tua. Zuriah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.29240/zuriah.v3i2.5078

Zuriah, S. M., & Ariyani, D. (2022). Penanaman Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini Perspektif Peran Orang Tua. Zuriah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.29240/zuriah.v3i2.5078

Downloads

Published

23-09-2025

How to Cite

Ervina, R. (2025). Moral Agama dalam Dunia Anak : Eksplorasi Nilai Religius di TK Ar-Rohman Sedati. Jurnal TARBAWI, 16(1), 96–104. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v16i01.1120

Issue

Section

Articles