Pendidikan Islam dalam Perspektif Pemikiran K. H. Imam Zarkasyi
DOI:
https://doi.org/10.36781/tarbawi.v11i1.158Keywords:
K. H. Imam Zarkasyi, Pesantren Modern, Pemikiran Pendidikan IslamAbstract
Penelitian ini mencoba untuk mendapatkan pemahaman lebih mendalam tentang pemikiran-pemikiran pendidikan Islam K. H. Imam Zarkasyi, di antaranya mengenai kepemimpinan, kurikulum, dan kompetensi atau jiwa guru. Penelitian ini adalah library research, peneliti mengumpulkan data melalui dokumentasi. Lalu, menganalisis dengan menggunakan model Miles and Huberman, yaitu merangkum, menyajikan, dan menyimpulkan data. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, K. H. Imam Zarkasyi merupakan tokoh pendidikan Islam (pesantren) yang sangat berhasil. Keberhasilan itu terlihat bukan hanya dari teori-teori yang beliau susun, lebih daripada itu Pesantren Modern Darussalam Gontor Ponorogo adalah bukti nyata dari kebesaran pemikiran beliau tentang pendidikan Islam modern yang bertahan hingga saat ini.
Downloads
References
Amalia, Novi, “Peran Pondok Pesantren Modern Gontor Sebagai Instrumen Multitrack Diplomacy Pendidikan dalam Kerjasama Internasional,”. Nation State: Journal of Internasional Studies, Vol. 2, No. 2, Desember 2019.
Arifin, Muzayyin, “Filsafat pendidikan Islam,” Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Baiquni, Muhammad Mansyur, “Pancajiwa Pergerakan Reformasi Pendidikan K. H. Raden Imam Zarkasyi Pondok Modern Darussalam Gontor,” Rahmatan Lil Alamin Journal of Peace Education and Islamic Studies, Vol. 1, No. 1 Juli 2018.
Bukhory, Umar, “KH. Imam Zarkasyi dan Genre Baru Pondok Pesantren (Refleksi Seorang Cucu Murid),” DIROSAT: Journal of Islamic Studies, Volume 1, No. 2, Juli – Desember 2016.
Hasanah, N, “Meta-Analisis Kualitatif Skripsi Mahasiswa Berbasis Inkuiri Database Jurusan Biologi Unnes 2014,” Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, 2016.
Katsir, Ibnu, “Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1,” Terjemahan: Engkos Kosasih, et al. Jakarta: Magfirah Pustaka, 2016.
Kitchenham, B., “Procedures for Performing Systemic Reviews,” Eversleigh: Keele University Technical Report, 2004.
“KH Imam Zarkasyi Sang Reformis Pesantren,” Republika, Monday, 17 Oct 2016.
Mardiyah, “Kepemimpinan Kiai dalam Memelihara Budaya organisasi,” Malang: Aditya Media Publishing, 2013.
Nurdianto, Saifuddin Alif, “K. H. Imam Zarkasyi: Membangun Karakter Umat dengan Modernisasi Pesantren (1926-1936),” Jantra, Vol. 12, No 2, Desember 2017.
Nurhakim, Moh, “Imam Zarkasyi dan Pembaruan Pesantren: Rekonstruksi Aspek Kurikulum, Menejemen dan Etika Pendidikan,” PROGRESIVA, Vol. 5, No. 1, Desember 2011.
Rahmawati, Zuli Dwi, “Pendidikan Kepemimpinan Perpsektif K. H. Imam Zarkasyi,” TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 1 Januari 2019.
Rofiq, Ahmad Choirul, “Perspektif K. H. Imam Zarkasyi Mengenai Kesatuan Ilmu Pengetahuan,” TA’ALLUM: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 06, Nomor 02, November 2018.
Sugiono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D,” Bandung: Alfabeta, 2012.
Steenbrink, Karen A. “Pesantren Madrasah Sekolah Pendidikan Islam dalam Kurun Modern,” LP3ES, Jakarta, 1986.
Utomo, “Pemikiran Pendidikan K. H. Imam Zarkasyi,” DIDAKTIKA ISLAMIKA, Vol. 3, No. 1 Maret 2014.
Waskito, Puthut, “Dasar Konseptual Tariqah Mubasyarah dalam Pembelajaran Bahasa Arab Perspektif K. H. Imam Zarkasyi di Pondok Modern GOntor 1,” An-Nuha, Vol. 2, No. 2, Desember 2015
Yapono, Abdurrahim, “Filsafat Pendidikan dan Hidden Curriculum dalam Perspektif KH. Imam Zarkasyi (1910-1985),” Tsaqafah: Jurnal Peradaban Islam, Vol. 11, No. 2, November, 2015, 291-312.
Zarkasyi, Abdullah Syukri, “Bekal untuk Pemimpin,” Cet. 2. Ponorogo: Trimurti Press, 2011.
Zarkasyi, Muhammad Ridlo, “Ajaran Kiai Gontor: 72 Prinsip Hidup K.H. Imam Zarkasyi,” Jakarta Selatan: renebook, 2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 suyuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




