Harmonisasi Pendidikan Islam dan Negara

Pengarustamaan Nilai-nilai Pancasila dalam Orientasi Pendidikan Pesantren di Indonesia

Authors

  • Mohamad Badrun Zaman Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Muhammd Syukri Nawir Institut Agama Islam Negeri Fattahul Muluk Papua,
  • Athoillah Islamy Institut Agama Islam Negeri Pekalongan
  • Afina Aninnas Institut Agama Islam Negeri Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.36781/tarbawi.v10i2.213

Keywords:

Pancasila, oreintasi, pendidikan, Pesantren.

Abstract

Citra baik Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam di Indonesia terkadang mmendapat stigma buruk akibat tindakan negatif oleh oknum-oknum yang hidup di lingkungan Pesantren itu sendiri. Merespons fenomena tersebut, maka membumikan nilai-nilai luhur sosial budaya bangsa Indonesia di lingkungan Pesantren menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Penelitian kualitataif ini bertujuan untuk mengidentifikasi dimensi nilai Pancasila dalam orientasi penyelenggaraan pendidikan Pesantren yang termaktub pada Undang-undang No.18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Penelitian normatif filosofis ini menggunakan nilai-nilai falsafah Pancasila sebagai teori  analisis. Hasil penelitian menunjukan terdapat dimensi nilai-nilai Pancasila pada orientasi penyelenggaraan pendidikan Pesantren di Indonesia. Pertama, nilai sila kesatu dan kedua dalam orientasi pembentukan karakter individu yang religius dan humanis. Kedua, nilai sila ketiga dalam pembentukan karakter individu yang nasionalis dan pluralis. Ketiga, nilai sila keempat dan kelima dalam pembentukan karakter individu yang inovatif dan sejahtera. Implikasi teoritik penelitian ini menunjukan pendidikan Islam memiliki titik temu dengan pelbagai nilai universal yang dapat dimanifestasikan dalam kehidupan masyarakat plural. Keterbatasan penelitian ini belum menyentuh terkait bagaimana strategi pemerintah Indonesia terkait diseminasi nilai-nilai Pancasila dalam lembaga pendidikan Pesantren di Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

28-02-2022

How to Cite

Zaman, M. B. ., Muhammd Syukri Nawir, Athoillah Islamy, & Afina Aninnas. (2022). Harmonisasi Pendidikan Islam dan Negara: Pengarustamaan Nilai-nilai Pancasila dalam Orientasi Pendidikan Pesantren di Indonesia. Jurnal TARBAWI, 10(2), 139–164. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v10i2.213

Issue

Section

Articles