Edukasi Online dan Aksesibilitas Pendidikan dalam Perspektif Hadis
Keywords:
Online Education, Education Accessibility, HadithAbstract
Di Indonesia, menghadapi kendala yang signifikan dalam mencapai akses pendidikan yang merata di berbagai daerah, terutama di daerah terpencil dan kurang terlayani, merupakan tantangan yang cukup besar. Lebih jauh, kelangkaan tenaga pengajar dan sumber daya yang tidak memadai berpotensi menghambat kualitas dan ketersediaan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menawarkan eksplorasi komprehensif tentang perspektif Islam tentang pendidikan sebagaimana digambarkan dalam hadis, sekaligus menyoroti peran prospektif pendidikan daring dalam meningkatkan akses pendidikan di dalam masyarakat, khususnya yang menyangkut nilai-nilai dan doktrin Islam. Dengan menggunakan metode telaah pustaka, penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif untuk menggali secara mendalam dan kontekstual subjek pendidikan daring dan aksesibilitas pendidikan dari sudut pandang hadis. Pendidikan daring mengacu pada mode penyebaran pengetahuan yang memanfaatkan video, audio, gambar, komunikasi tekstual, dan perangkat lunak yang terhubung ke internet. Signifikansi aksesibilitas pendidikan terletak pada fasilitasi pengalaman belajar yang disesuaikan, promosi pengembangan keterampilan, dan dukungan untuk peningkatan diri individu. Selain itu, aksesibilitas pendidikan memainkan peran penting dalam mengurangi tantangan yang dihadapi oleh masyarakat, termasuk kesempatan pendidikan yang tidak merata, bias, dan keterbatasan sumber daya. Oleh karena itu, peningkatan aksesibilitas pendidikan dapat memperlancar pencarian ilmu bagi siswa, sehingga menumbuhkan semangat belajar yang lebih besar. Mengingat bahwa menuntut ilmu merupakan kewajiban mendasar bagi setiap Muslim dan mengandung banyak keutamaan, maka hadis yang ditegaskan dalam Ibnu Majah No. 224 menegaskan kewajiban ini.
Downloads
References
Al-Qari, Nuruddin Ali bin Sultan Muhammad. Penjelasan Hadis Mencari Ilmu Adalah Wajib Bagi Setiap Muslim. 1st ed. Perpustakaan Komprehensif, n.d.
Al-Qazwini, Ibnu Majah Abu Abdullah Muhammad bin Yazid. Sunan Ibnu Majah. Vol 1. Daar Ihya’ Kutub al-’Arabiyyah, n.d.
Anwar, Muhammad Saiful. “Ketimpangan Aksesibilitas Pendidikan Dalam Perpsektif Pendidikan Multikultural.” Foundasia 13, no. 1 (2022): 1–15. https://doi.org/10.21831/foundasia.v13i1.47444.
Ardiansyah, Jamil. “PENGARUH KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE-KABUPATEN TASIKMALAYA Universitas Pendidikan Indonesia | Repository.Upi.Edu |perpustakaan.Upi.Edu.” In Skripsi, 1. Tasikmalaya: Universitas Pendidikan Indonesia, 2020.
Dahlia, Ida, Yuyu Yuhana, Maman Fathurrohman, and Asep Muhyidin. “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini.” Buana Ilmu 8, no. 1 (2023): 217–26.
Dewi, Putri Anugrah Cahya. “Literasi Dampak Dan Tantangan Digitalisasi Bagi Anak Usia Sekolah.” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 7, no. 2 (2023): 1389. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.15035.
Haloedukasi, Redaksi. “18 Aplikasi Edukasi Terbaik.” Halo Edukasi, n.d.
Harefa, Envilwan Berkat. “Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Kuliah Fisika Di Perguruan Tinggi.” Educativo: Jurnal Pendidikan 1, no. 1 (2022): 75–83.
Herliandry, Luh Devi, Nurhasanah, Maria Enjelina Suban, and Heru Kuswanto. “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Teknologi Pendidikan 22, no. 1 (2020): 62. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v5i1.1608.
Juntak, Justin Niaga Siman, Alfredo Rynaldi, Eka Sukmawati, Mudrikatul Arafah, and Tekat Sukomardojo. “Mewujudkan Pendidikan Untuk Semua: Studi Implementasi Pendidikan Inklusif Di Indonesia.” Jurnal Birokrasi & Pemerintahan Daerah 5, no. 2 (2023): 205–14. https://doi.org/10.15575/jbpd.v5i2.26904.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, 2016.
Khasanah, Wikhdatun. “Kewajiban Menuntut Ilmu Dalam Islam.” Jurnal Riset Agama 1, no. 2 (2021): 302–3. https://doi.org/10.15575/jra.v1i2.14568.
Khon, Abdul Majid. “Pendidikan Dalam Perspektif Hadis (Suatu Kajian Tematik Dalam Bulûgh Al-Marâm).” DAYAH: Journal of Islamic Education 4, no. 1 (2021): 23. https://doi.org/10.22373/jie.v4i1.7102.
Kusuma, Jaka Wijaya, and Hamidah Hamidah. “Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19.” JIPMat 5, no. 1 (2020): 97–106. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942.
M. Sobry, and M.Pd.I Prosmala Hadisaputra. Penelitian Kualitatif. Edited by Nurlaeli. Holistica. Cetakan, A. LOmbok: Holistica, 2020.
Muazzinah, Muazzinah. “Aksesibilitas Pendidikan Gratis Bagi Masyarakat Miskin Pada Sekolah Swasta Islamic Boarding School Di Aceh.” Al-Ijtima`i: International Journal of Government and Social Science 7, no. 2 (2022): 127–42. https://doi.org/10.22373/jai.v7i2.1640.
Nengrum, Thityn Ayu, Najamuddin Pettasolong, and Muhammad Nuriman. “Kelebihan Dan Kekurangan Pembelajaran Luring Dan Daring Dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo.” Jurnal Pendidikan 30, no. 1 (2021): 1–12. https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1190.
Qonita, Aisyah Ayu, Sulton, and Yerry Soepriyanto. “PERSEPSI KEGUNAAN, KEMUDAHAN DAN AKSESIBILITAS MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN ANGKATAN 2018 TERHADAP PENERAPAN SIPEJAR MENGGUNAKAN MODEL TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL).” JKTP (Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan) 2, no. 2 (2019): 140–48.
Saifuudin, Much. Fuad. “E-LEARNING DALAM PERSEPSI MAHASISWA.” Varia Pendidikan 29, no. 2 (2017): 102–9.
Subagio, I Komang Adil, and Asnah Marlina N. Limbong. “Dampak Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Aktivitas Pendidikan.” Journal of Learning and Technology 2, no. 1 (2023): 43–52. https://doi.org/10.33830/jlt.v2i1.5844.
Sucipto, Sucipto, Erna Daniati, Dwi Harini, Muhammad Najibulloh Muzaki, Anita Sari Wardani, Akmal Hisyam Pradhana, Theo Krisna Amarya, Maha Shelin Sahira, Amelia Nur Fadhila, and Moh Kusen. “Pelatihan Tim Pengembang Akademik SMAN 6 Kediri Dalam Menggunakan E-Learning Berbasis Moodle.” Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 1 (2023): 105–15. https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.80.
Syamsiyah, St. Fanatus Syamsiyah, and Toni M. Rizal. “Aksesibilitas Pendidikan Tinggi Penyandang Disabilitas Di Universitas PGRI Argopuro Jember.” SPEED Journal : Journal of Special Education 7, no. 1 (2023): 55–75. https://doi.org/10.31537/speed.v7i1.1214.
Tamjidnoor. “Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Pendidikan Islam Dalam Perspektif Hadis.” Jurnal Ilmu Pendiidikan 4, no. 6 (2022): 7397–7402.
Taufiqurrahman, Muhammad. “Penerapan Teknologi Dalam Pendidikan Inklusif: Tantangan Dan Solusi.” Progressa 6, no. 1 (2022): 1–15.
Verawati, Ni Nyoman Sri Putu, and Muhammad Sarjan. “Tinjauan Filsafat (Aksiologi) Pendidikan Sains Masa Depan Berbasis Teknologi.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8, no. 4 (2023): 2381–87. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1650.
Wawan, W, Wawan Wahyudin, and Muhajir Muhajir. “Gerakan Filantropi Dalam Peningkatan Aksesibilitas Pendidikan Agama Islam ( Pai ) Di Banten.” AL-MURABBI 9, no. 1 (2023): 123–46. https://doi.org/10.35891/amb.v8i2.4717.
Ya’cub, Mihmidaty. “Media Pendidikan Perspektif Al-Qur’an Hadits Dan Perkembangannya.” CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman 4, no. 2 (2018): 123–24.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mukhammad Alfani, Farichatul Fauziyah, Dio Rizki Nadar Putra, Nabilatul Rochma, Arini Mayang Fauni, Nur Annisa Istifarin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




