UPAYA GURU PAI DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA PESERTA DIDIK AUTISME DI SLB YKK PACITAN
Keywords:
Akhlakul Karimah, Guru PAI, Peserta didik AutismeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa autisme di SLB YKK Pacitan. Mengingat pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus terutama autisme tentunya berbeda dari anak normal lainnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman akhlakul karimah pada siswa autisme merupakan hal yang penting. Karena anak dengan kebutuhan khusus juga memiliki hak yang sama dalam hal pendidikan. Upaya guru PAI dalam menanamkan akhlakul karimah pada peserta didik autisme dilakukan melalui keteladanan, pembiasaan, pengawasan, serta apresiasi dan teguran. Guru PAI berperan aktif dalam memberikan contoh perilaku positif dan secara konsisten. Melakukan pembiasaan akhlakul karimah seperti mengucapkan salam, doa, dan menjaga kebersihan. Pengawasan dilakukan untuk memastikan implementasi akhlak dalam kehidupan sehari-hari siswa, Apresiasi di lakukan ketika peserta didik menunjukkan perilaku baik yang mencerminkan akhlakul karimah dalam berbagai situasi dan teguran ketika siswa terdapat tidak mengimplementasikan akhlakul karimah baik di dalam kegiatan pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterlibatan aktif guru dan lingkungan sekolah sangat penting dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa autisme, meskipun diperlukan kesabaran dan metode yang berulang untuk mencapai hasil yang diinginkan.
Downloads
References
Andriani, Yopi Kusmiati dan Astri Dwi. Komunikasi Keluarga Autis. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2023.
Andriyani, S., & Amalia, L. “Pelaksanaan Toilet Training Pada Anak Autism Spectrum Disorder Melalui Dukungan Keluarga Di Kota Bandung.” Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Vol 9, no. 2 (2021): 476-486.
Anggraeni, Cindy; Elan & Mulyadi Sima. “Metode Pembiasaan Untuk Menanamkan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Di Ra Daarul Falaah Tasikmalaya.” Jurnal PAUD Agapedia Vol 5, no. 1 (2021): 100–109. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpa.v5i1.39692.
Darojat, Barnawi & Jajat. Penelitian Fenomenologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2018.
Dina, Uzlifatul, and Abd Madjid. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kecerdasan Emosional Pada Anak Tunanetra.” At Turots : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5, no. 1 (2023): 275–80.
Dkk, Moh. Muslih. Evaluasi Pendidikan Dalam Ranah Kajian Intelektual Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. Edited by Moh. Nasrudin. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management, 2024.
Gunawan, Heri. Pendidikan Islam Kajian Teoritis Dan Pemikiran Tokoh. Bandung: Alfabeta, 2014.
Jainiyah, Jainiyah, Fuad Fahrudin, Ismiasih Ismiasih, and Mariyah Ulfah. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Multidisiplin Indonesia 2, no. 6 (2023): 1304–9. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284.
Lia Utari, Kurniawan, Irwan Fathurrochman. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Autis.” Journal of Education and Instruction (JOEAI) Vol 3, no. 1 (2020): 75–89. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1304.
Maswati, Riska Arianti. “Upaya Pembiasaan Guru Dalam Menanamkan Akhlak Terpuji Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di RA DDI Garessi Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang.” Al-Athfal: Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, no. 1 (2023): 12–22.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya, 2017.
Nasional. “Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.” Nasional 105, no. 3 (1945): 129–33. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:BDsuQOHoCi4J:https://media.neliti.com/media/publications/9138-ID-perlindungan-hukum-terhadap-anak-dari-konten-berbahaya-dalam-media-cetak-dan-ele.pdf+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id.
Permendikbud. “Peraturan Nasional, Menteri Pendidikan Indonesia, Republik” 2013, no. 021 (2010): 1–266.
Purba Bagus Sunarya, Muchamad Irvan, and Dian Puspa Dewi. “Kajian Penanganan Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus.” Jurnal Abadimas Adi Buana Vol 2, no. 1 (2018): 11–19. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1617.
Rambe, Mgr Sinomba, Waharjani Waharjani, and Djamaluddin Perawironegoro. “Pentingnya Pendidikan Akhlak Dalam Kehidupan Masyarakat Islam.” Tadarus Tarbawy : Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan 5, no. 1 (2023): 37–48. https://doi.org/10.31000/jkip.v5i1.8533.
Rifki, Muchamad, Sofyan Sauri, Aam Abdussalam, Udin Supriadi, and Miptah Parid. “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Metode Keteladanan Guru Di Sekolah.” Jurnal Basicedu Vol 7, no. 1 (2023): 89–98. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4274.
Saiful Muslim. “Peran Pengawasan Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja.” An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah Vol 3, no. 1 (2022): 83–104. https://doi.org/10.51339/nisbah.v3i1.388.
Salsabilah, Azka Salmaa, Dinie Anggraeni Dewi, Yayang Furi Furnamasari, Program Studi, Pendidikan Guru, and Sekolah Dasar. “Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 3 (2021): 7158–63. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2106/1857.
Saputri, Maya Aprilia, Nansi Widianti, Siska Ayu Lestari, and Uswatun Hasanah. “Ragam Anak Berkebutuhan Khusus.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, no. 1 (2023): 38–53. https://jurnal.unibrah.ac.id/index.php/JIWP.
Sari, Dela Puspita, and Pahrurroji. “Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Akhlakul Karimah.” An-Nuha: Jurnal Pendidikan Islam Vol 4, no. 1 (2024): 88–96.
Setiawan, Albi Anggito & Johan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak, 2018.
Setiawan, Halim. Wanita, Jilbab & Akhlak. Jawa Barat: CV Jejak, 2019.
Siti Khodijah, and Heri Rifhan Halili. “Strategi Guru PAI Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa Dengan Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Di MI Nurul Fatah Wonomerto Probolinggo.” LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies 2, no. 1 (2023): 32–43. https://doi.org/10.58355/lectures.v2i1.21.
Syaputri, Echa, and Rodia Afriza. “Peran Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme).” Educativo: Jurnal Pendidikan Vol 1, no. 2 (2022): 559–64. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.78.
Uhbiyati, Nur. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Islam. Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra, 2016.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 febriani arum, Efi Tri Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




