The Application of Contextual Learning Model in Fiqh Subject in Boarding School Salafiyah Tahfidzul Qur'an Level Ula

Authors

  • Rahmi Maldini Efendi UIN Suska Riau
  • Risnawati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Miftahir Rizqa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.36781/tarbawi.v16i01.881

Keywords:

Contextual Learning Model, Fiqh Learning, Boarding School

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran kontekstual dalam mata pelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Salafiyah Tahfidzul Qur'an Tingkat Ula Ar-Royyan Cabang Ujungbatu. Model pembelajaran kontekstual dipilih karena mampu menghubungkan materi pelajaran dengan pengalaman nyata siswa, sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yang melibatkan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran Fiqih berjalan dengan baik. Guru menampilkan materi pelajaran dengan pengalaman sehari-hari siswa melalui teknik diskusi, inkuiri, dan pemodelan. Siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran, meningkatkan pemahaman mereka terhadap tata cara shalat jama' dan qashar. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif, menyenangkan, dan relevan dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini memberikan bukti empiris tentang keefektifan model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Fiqih di pesantren. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan model pembelajaran serupa di lingkungan pesantren lainnya guna menciptakan pendidikan yang lebih berkualitas dan sesuai dengan tuntutan zaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.

Arsyad, dkk. (2020). Penguatan Motivasi Shalat dan Karakter Peserta Didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 6 (2).

Fadlillah, M. (2018). Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran Efektif. Jakarta: Prenada Media Group.

Fathurrahman. (2023). Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Kejuruan, Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 20 (1).

Hasnawati. (2006). Pendekatan Contextual Teaching Learning, Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 3.

Husain, M. (2017). Peningkatan Kualitas Pendidikan Pesantren melalui Inovasi Pembelajaran". Jurnal Pendidikan Islam, 15(2).

Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It’s Here to Stay. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Miles, M.B., & Huberman, A.M. (1994). Qualitative Data Analysis. California: Sage Publications.

Moleong, L.J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhartini, Amril Mansur, dan Abu Bakar. (2023). Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Problem Based Learning, Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1 (1).

Muliana, Pera. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SD N 3 Ulak Paceh Kecamatan Lawang Wetan Kabupaten Musi Banyuasin, Al-Ulum: Jurnal Pendidikan dan Kajian Islam, 6 (1).

Nababan, Damayanti dan Christofel Agner Sipayung. (2023). Pemahaman Model Pembelajaran Kontekstual dalam Model Pembelajaran (CTL), Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2 (2).

Nurhadi. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Romli. (2022). Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning) Pada Pelajaran PAI Sebagai Salah Satu Inovasi Pengembangan Kurikulum di Sekolah, EDUGAMA: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 8 (2).

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Simeru, Arden dkk. (2023). Model-Model Pembelajaran. Klaten: Lakeisha.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujana, Atep dan Wahyu Sopandi. (2020). Model-Model Pembelajaran Inovatif, Teori, dan Implementasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Zamroni, Zainuddin. (2020). Problematika Pembelajaran di Pesantren: Sebuah Kajian Analitis. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Islam, 12 (1).

Downloads

Published

22-09-2025

How to Cite

Efendi, R. M., Risnawati, & Miftahir Rizqa. (2025). The Application of Contextual Learning Model in Fiqh Subject in Boarding School Salafiyah Tahfidzul Qur’an Level Ula. Jurnal TARBAWI, 16(1), 80–95. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v16i01.881

Issue

Section

Articles