Manajemen Pengembangan Kurikulum Tahfidz al-Quran di PKBM Imam Muslim Islamic School Sidoarjo

Authors

  • Fajar Alfaris STAI Ali Bin Abi Thalib Surabaya
  • Maryono STAI Ali Bin Abi Thalib Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36781/tarbawi.v16i01.886

Keywords:

Management, Tahfidz Curriculum, PKBM, Quranic Education

Abstract

Abstract: This study aims to examine and describe the management of the development of the tahfidz al-Qur'an curriculum at PKBM Imam Muslim Islamic School Sidoarjo. This study uses a qualitative approach with a descriptive design. The subjects of this study were the principal, deputy principal for curriculum, tahfidz teachers, and students. Data were collected through observation, interviews, and documentation. The results showed that the management of the development of the tahfidz al-Qur'an curriculum at PKBM Imam Muslim Islamic School Sidoarjo had been running well and effectively. This can be seen from several aspects, including: (1) careful planning, (2) structured organization, (3) consistent implementation, and (4) intensive supervision. The factors supporting the effectiveness of this program include: the commitment of the principal and teachers, parental involvement, and a conducive learning environment. The factors hindering the effectiveness of this program include: lack of motivation and attention from parents, lack of student discipline, and lack of teacher ability in motivating students and managing the classroom.

Keywords: Management, Tahfidz Curriculum, PKBM, Quranic Education

Abstrak: : Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan manajemen pengembangan kurikulum tahfidz al-Qur’an di PKBM Imam Muslim Islamic School Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, pengajar tahfidz, dan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengembangan kurikulum tahfidz al-Qur’an di PKBM Imam Muslim Islamic School Sidoarjo telah berjalan dengan baik dan efektif. Hal ini terlihat dari beberapa aspek, antara lain: (1) perencanaan yang matang, (2) pengorganisasian yang terstruktur, (3) pelaksanaan yang konsisten, dan (4) pengawasan yang intensif. Faktor-faktor pendukung efektivitas program ini antara lain: komitmen pimpinan dan pengajar, keterlibatan orang tua, dan lingkungan belajar yang kondusif. Faktor-faktor penghambat efektivitas program ini antara lain: kurangnya motivasi dan perhatian dari orang tua, kurangnya disiplin siswa, dan kurangnya kemampuan pengajar dalam memotivasi siswa dan mengelola kelas.

Kata Kunci: Manajemen, Kurikulum Tahfidz, PKBM, Pendidikan Qur’ani

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifudin, Moh., dan Fatma Zahara Sholeha. 2021. “Planning (perencanaan) Dalam Manajemen Pendidikan Islam.” MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam 2:146–200.

Chusniyah, Atin, dan Imam Makruf. 2024. “Manajemen Kurikulum Tahfidz Al-Qur’an di Kuttab Al Faruq Sukoharjo.” ISLAMIKA 6(1):381–96. doi: 10.36088/islamika.v6i1.4387.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat. 2011. Pedoman Pembentukan Dan Penyelenggaraan PKBM. Jakarta: Kementrian Pendidikan Indonesia.

Hamalik, Oemar. 2008. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Irawan, Santi, dan Nur Asiah. 2023. “Manajemen Program Tahfidz Dalam Meningkatkan Dan Memperbaiki Bacaan Al-Qur’an Peserta Didik.” Jurnal Kependidikan Islam 13(01). doi: 10.24042/alidarah.v13i1.16163.

Mahmud Yusuf Zulfikar, Hafidz, dan Syarifah Azzahro. 2024. “Penerapan Metode Talaqqi dalam Program Tahfidz Anak Usia Dini di Rumah Tahfidz Desa Beji.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13(2):1755–66. doi: 10.58230/27454312.589.

Nurdiah, Nurdiah, Suprapto Suprapto, Fathul Maujud, dan Ulyan Nasri. 2023. “Manajemen Rumah Qur’an dalam Mencetak Generasi Qur’ani.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8(1):161–70. doi: 10.29303/jipp.v8i1.1167.

Nurlaela, Latifah, Maria Ulfah, dan Mohammad Imam Farisi. 2023. “Manajemen Pengembangan Kurikulum di Sekolah Dasar Islam.” J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) 8(2):159–68. doi: 10.18860/jmpi.v8i2.16352.

Nurlela. 2021. “Implementasi Manajemen Pembelajaran Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan.” AL FATIH 1:79–84.

Pemerintah Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia. Jakarta.

Redja Mudyahardjo. 2010. Pengantar pendidikan : Sebuah studi awal tentang dasar-dasar pendidikan pada umumnya dan pendidikan di Indonesia. Vol. 6. 1 ed. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Siti Ulyani, Aap, Anis Zohriah, Iwan Setiawan, Uin Sultan Maulana Hasanuddin Banten, dan Indonesia Email. 2023. “Pelaksanaan Fungsi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan.” An-Nidhom: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 8:26–47.

Solehudin, Deni, Aji Saepurahman, dan Mohamad Erihadiana. 2022. “Implementasi Manajemen Pengawasan dan Evaluasi Pendidikan Pada Masa Pandemi COVID-19.” Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan 2(6):1. doi: 10.36418/syntax-imperatif.v2i6.140.

Sopandi, Firman. 2019. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Leles-Garut).” Khazanah Akademika 03:20–31.

Syaadah, Raudatus, M. Hady, Al Asy Ary, Nurhasanah Silitonga, dan Siti Fauziah Rangkuty. 2022. “Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal dan Pendidikan Informal.” 2(2):125–31.

Syamsurijal, Syamsurijal. 2024. “Titik Temu Pendidikan dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Berdaya Saing.” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 3(03):551.

Via Septiani. 2023. “Types And Levels Of Education In The National Education System In Indonesia.” Attaqwa: Jurnal Pendidikan Islam dan Anak Usia Dini 2(3):118–25. doi: 10.58355/attaqwa.v2i3.48.

Downloads

Published

24-09-2025

How to Cite

Alfaris, F., & Maryono. (2025). Manajemen Pengembangan Kurikulum Tahfidz al-Quran di PKBM Imam Muslim Islamic School Sidoarjo. Jurnal TARBAWI, 16(1), 105–117. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v16i01.886

Issue

Section

Articles