Kemampuan Mengelola Emosi (Studi Kasus di TK Al-Hidayah Tawangrejo 02 Blitar)

Authors

  • Tutut Noviana Universitas Madani Indonesia

Keywords:

pengelolaan emosi, anak usia dini

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan fakta yang berkaitan dengan pengelolaan emosi diri dan pengelolaan emosi orang lain pada anak yang tidak wajar. Selain itu juga mengungkap faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif. Jenis penelitian menggunakan studi kasus yang berjumlah 1 orang anak kelompok B di TK Al-Hidayah Tawangrejo 02 Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles & Huberman terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kemampuan anak dalam mengenali emosi dapat dilakukan dengan cara berkomunikasi. Mengelola emosi diri pada anak dapat diarahkan dengan cara yang baik. Anak usia 5-6 tahun sudah mampu mengenali emosi orang lain, tetapi anak belum tentu dapat mengelola emosi orang lain (berempati). Anak yang memiliki kesulitan dalam kemampuan mengatur emosi dirinya cenderung tertinggal dalam kemampuan kognitifnya. Anak yang memiliki kemampuan mengelola emosi orang lain belum tentu memiliki kemampuan mengelola emosi bagi dirinya sendiri. Kemampuan emosional anak masih berubah-ubah. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan emosi pada anak yang tidak wajar antara lain: pola asuh yang permisif; keberadaan keluarga, teman sebaya, dan lingkungan; kondisi kesehatan dan kondisi perut; serta tontonan di ponsel dan televisi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayunah. Akhbar, M. Taheri. & Prasrihamni, Mega. “Analisis Dampak Meditasi Terhadap Kemampuan Mengelola Emosi Diri Siswa Kelas V SD Negeri 1 Bubusan” dalam Journal on Education v06 n01 p5879-5886 September-Desember 2023.

Dewi, Ajeng Rahayu Tresna. Mayasarokh, Mira & Gustiana, Eva. “Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini” dalam Jurnal Golden Age. v04 n1 p181-190 Juni 2020.

Familia, Annisa & Istianah. “Hubungan Asupan Zat Besi, Vitamin C, dan Kebiasaan Sarapan Terhadap Konsentrasi Belajar di SMA Taman Madya 5” dalam Jurnal Gipas. v4 n2 p189-202 November 2020.

Fitri, Ruqoyyah. “Metakognitif Pada Proses Belajar Anak dalam Kajian Neurosains” dalam Jurnal Pendidikan. v2 n1 p44-52 Mei 2017.

Laily, Intan Nur & Chandra, Ratnasari Dwi Ade. “Kajian Wacana Dampak Penggunaan Gadget (Gawai) Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini” dalam Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini. v06 n01 p27-44 Maret 2021.

Maghfiroh, Anna Shihatul. Usman, Jamiludin & Nisa’ Luthfatun. “Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di PAUD/KB Al-Munawwarah Pamekasan” dalam Jurnal Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. v1 n1 p1-16 Februari 2020.

Manizar, Ely H M. “Mengelola Kecerdasan Emosi” dalam Jurnal Tadrib. vII n2 p1-16 Desember 2016.

Moleong, L. J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.

Nurmalitasari, Femmi. “Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah” dalam Jurnal Buletin Psikologi. v23 no2 p103-111 Desember 2015.

Raihana, “Pengelolaan emosi Ibu Pada Anak Selama Pembelajaran dari Rumah (Dampak Pandemi Covid 19)” dalam Jurnal Generasi Emas Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. v3 n2 p132-139 Oktober 2020.

Salam, Abdul. “Sistem Stimulasi dalam Perkembangan Emosi Anak Usia Dini di TK Mutiara Hati Palu”, dalam Jurnal ECEIJ. v1 n2 p45-52 Mei 2018.

Santy, Wesiana Heris & Irtanti, Titi Alifina. “Pola Asuh Orang Tua Mempengaruhi Temper Tantrum pada Anak Usia 2-4 Tahun di PAUD Darun Najahdesa Gading, Jatirejo, Mojokerto” dalam Jurnal Ilmiah Kesehatan. v7 n12 p73-81 Februari 2014.

Sari, P P.. Sumardi, Mulyadi, S. “Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini” dalam Jurnal PAUD Agapedia. v4 n1 p157-170 Juni 2020.

Tazkia, Halla Azmi & Darmiyanti, Astuti. “Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dasar di Lingkungan Sekolah” dalam Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. v1 n3 p1-8 Juni 2024.

Ulfatin, N. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative, 2017.

We, Asfi Yanti & Fauziah, Puji Yanti. “Tradisi Kearifan Lokal Minangkabau “Manjujai” untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini” dalam Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. v5 n2 p1339-1351 November 2021.

Yin, R. K. Studi Kasus: Desain & Metode. Depok: PT Raja Grafindo Persada, 2018.

Downloads

Published

2024-02-07

How to Cite

Noviana, T. (2024). Kemampuan Mengelola Emosi (Studi Kasus di TK Al-Hidayah Tawangrejo 02 Blitar) . Jurnal TARBAWI, 15(2), 1–11. Retrieved from https://jurnal.alfithrah.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/916

Issue

Section

Articles