Leadership of the Head of the Pikuma Institute in the Management of Early Childhood Out-of-School Education

Kepemimpinan Ketua Lembaga Pikuma Dalam Manajemen Pendidikan Luar Sekolah Anak Usia Dini

Authors

  • Lintang Alvina Valentin STAI An Najah Indonesia
  • M. Athoiful Fanan STAI An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.36781/tarbawi.v16i01.1081

Keywords:

kepemimpinan, manajemen, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pola kepemimpinan ketua lembaga dalam manajemen pendidikan luar sekolah di Pikuma. Adapun fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian. Dan juga untuk memahami hambatan dan tantangan ketua lembaga Pikuma dalam manajemen pendidikan luar sekolah anak usia dini di Pikuma. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah ketua lembaga, pendamping observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan model kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)Kepemimpinan ketua lembaga dalam manajemennya meliputi perencanaan yaitu strategi pemasaraan dan kurikulum, kemudian pengorganisasian yaitu sumber daya manusia, pembagian tugas dan koordinasi, selanjutnya pengarahan yaitu kepemimpinan dan motivasi dan komunikasi, dan juga pengendalian yaitu pengukuran kinerja baik tenaga pendidik ataupun peserta didik, monitoring dan evaluasi. 2)Hambatan dan tantangan dalam manajemen pendidikan luar sekolah anak usia dini, cenderung masyarakat memilih untuk langsung ke pendidikan formal untuk efisiensi anggaran. Tantangannya juga sudah banyaknya persaingan pendidikan anak usia dini sehingga memerlukan marketing yang lebih baik lagi dalam pengembangannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

REFERENCES

Arifudin, I. S. Peranan Guru Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Di

Kelas V SDN 1Siluman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru 2015.

Breeze, W. a. The Foundations of Henri Fayol's Administrative Theory.

Jurnal Kajian Politik Islam, 52 tahun 2023.

Bungin, B. Penelitian Kualitatif,Komunikasi, Kebijakan Public dan

Ilmu Social. Kencana, 108. tahun 2007

dkk, O. A. Media Pembelajaran Pendidik Anak Usia Dini. Widina

Bhakti Persada tahun 2021.

dkk, U. Z. Pengelolaan Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan. Jurnal

Multidispliner Bharasumba tahun 2022.

dkk, Y. h. Manajemen Pendidikan Islam. Ilmu Komunikasi,

Penyuluhan dan Bimbingan Masyarakat Islam, 52-57 tahun

Dr. Rifda El Fiah, M. Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini.

Depok: Rajawali Pers tahun 2016.

Fajriansyah, N. Metode Pembinaan Pendidikan Agama Islam Melalui

Pendidikan Luar Sekolah Majelis Ta'lim Tarbiyatul

Muta'allimin. Institutional Repositry UIN Sunan Kalijaga

Yogyakarta tahun 2018.

Fauzi, A. Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak.

Jurnal Pahlawan tahun 2022.

Hanavia, S. Hasil Wawancara dengan wali kelas Play group. Suko,

Sidoarjo tanggal 3 Februari 2025.

Iis Sugiartik, M. A. Manajemen Pendidikan Karakter Religius Anak

Usia Di KB Al- Hayat Jatikalang Krian Sidoarjo. Jurnal

Madrasah Ibtidaiyah (JMI), 104- 105 tahun 2023.

Karima, S. L. Manjemen Tenaga Pendidik (Studi Kasus MA Sultan

Agung Blora). Universitas Islam Negeri.

Kemas, N. d. Determinasi Manajemen Pendidikan Islam : Sistem

Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan dan Tenaga Pendidikan

(Literatur Manajemen Pendidikan Islam). Jurnal Manajemen

Pendidikan dan Ilmu Sosial, 453 tahun 2022.

Kemas, N. d. Determinasi Manajemen Pendidikan Islam : Sistem

Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan dan Tenaga Pendidikan

(Literatur Manajemen Pendidikan Islam). Jurnal Manajemen

Pendidikan dan Ilmu Sosial, 453 tahun 2022.

Kementrian Pendidik dan Kebudayaan. . Sistem Pendidikan Nasional.

Undang- Undang Dasar RI, No. 20 tahun 2023.

Lina Eka Retnaningsih, U. K. Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan

Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA pada Juli 2022.

M Athoiful Fanan, N. C. Pengelolaan Peserta Didik Baru Dalam

Mewujudkan Siswa Berprestasi Di MI Darul Umum Sarirogo.

ICO Edusha, 942 tahun 2022.

Marzuki. Penyelenggaraan Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini

(PAUD) Siloam Kids Desa Ulak Muid Kecamatan Tanah

Pinoh Barat. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 11 tahun

Masruroh, A. P. Hubungan Manajaemen Kesiswaan dengan Prestasi

Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Institut

Agama Islam Negeri Jember tahun 2019.

Volume...1, Nomor .., MONTH YEAR, Jurnal Tarbawi 23

Author’s Name

Maya Novita Sari, S. Implementasi Manajemen Mutu Terpadu paud

PGTK IT Harapan Mulia. Jurnal Literasi tahun 2017.

Moleong, L. J. Metodologi Penelitian Kualitatif/Lexy J. Moleong, Ed.

Revisi. Remaja Rosdakarya Bandung tahun 2017.

MS, S. Manajemen Keuangan Pendidikan. Journal Of Padegogy, 11

tahun 2021.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. by Meyniar

Albina, 6 tahun 2023.

others, M. W. Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Penelitian

Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 69 tahun 2024.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

Kurikulum Merdeka., (hal. No. 12 Pasal 1 ayat 2) tahun 2024.

Peraturan Pemerintah. Program Pembelajaran Pendidikan Anak Usia

Dini. Republik Indonesia: Peraturan Pemerintah no 60 tahun

Play group, W. K. Hasil Wawancara Lembaga Pikuma di ruang kelas.

Suko, Sidoarjo pada 3 Februari 2025.

Prof Dr. H. Andi Rasyid Pananrangi, S. Manajemen Pendidikan.

Celebes Media Perkasa tahun 2017.

Rifaldi Dwi Syahputra, N. A. Prinsip- Prinsip Utama Manajemen

George R. Terry. Manajemen Kreatif Jurnal tahun 2023.

Rika Devianti, S. L. Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini.

Jurnal Pendidikan dan Konseling Mitra Ash-Shibyan tahun

S.E, D. Hasil Wawancara tahun 2025.

S.E, D. Hasil Wawancara dengan ketua lembaga PIKUMA. Suko,

Sidoarjo pada 25 Januari 2025.

S.Pd, L. A. Hasil Wawancara dengan pendamping ovbservasi. Suko,

Sidoarjo pada 30 Januari 2025.

SE, D. Observasi dan wawancara. Suko, Sidoarjo tahun 2025.

Siti Julaiha, A. R. Pengaruh Manajemen Pendidikan Terhadap Motivasi

Belajar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi Pendidikan Anak

Usia Dini tahun 2023 .

Jurnal Tarbawi, Volume ..., No......, MONTH YEAR

Short Title

Susanto, A. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Bumi

aksara jakarta tahun 2016.

Syarbaini Saleh, S. Pendidikan Luar Sekolah. Yogyakarta: K-Media

tahun 2020.

Tsaniyah Zahra Yuthika Wardhani, H. K. Optimalisasi Peranan

Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Online Di

Masa Pandemi Covid 19. Prosding Penelitian dan Pengabdian

Kepada Masyarakat tahun 2020.

Utomo, B. S. Metode Penelitian Kualitatif-Lexy J Moleong. Remaja

Rosdakarya, 410 tahun 2014.

Utomo, B. S. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi).

Remaja Rosdakarya, 410.

Zulaecha Ngiu, N. D. (2021). Strategi Guru Dalam Pembelajaran

Holistik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini tahun 2021

Downloads

Published

20-09-2025

How to Cite

Lintang Alvina Valentin, & M. Athoiful Fanan. (2025). Leadership of the Head of the Pikuma Institute in the Management of Early Childhood Out-of-School Education: Kepemimpinan Ketua Lembaga Pikuma Dalam Manajemen Pendidikan Luar Sekolah Anak Usia Dini. Jurnal TARBAWI, 16(1), 60–79. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v16i01.1081

Issue

Section

Articles