Leadership of the Head of the Pikuma Institute in the Management of Early Childhood Out-of-School Education
Kepemimpinan Ketua Lembaga Pikuma Dalam Manajemen Pendidikan Luar Sekolah Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.36781/tarbawi.v16i01.1081Keywords:
kepemimpinan, manajemen, anak usia diniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami pola kepemimpinan ketua lembaga dalam manajemen pendidikan luar sekolah di Pikuma. Adapun fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian. Dan juga untuk memahami hambatan dan tantangan ketua lembaga Pikuma dalam manajemen pendidikan luar sekolah anak usia dini di Pikuma. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah ketua lembaga, pendamping observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan model kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)Kepemimpinan ketua lembaga dalam manajemennya meliputi perencanaan yaitu strategi pemasaraan dan kurikulum, kemudian pengorganisasian yaitu sumber daya manusia, pembagian tugas dan koordinasi, selanjutnya pengarahan yaitu kepemimpinan dan motivasi dan komunikasi, dan juga pengendalian yaitu pengukuran kinerja baik tenaga pendidik ataupun peserta didik, monitoring dan evaluasi. 2)Hambatan dan tantangan dalam manajemen pendidikan luar sekolah anak usia dini, cenderung masyarakat memilih untuk langsung ke pendidikan formal untuk efisiensi anggaran. Tantangannya juga sudah banyaknya persaingan pendidikan anak usia dini sehingga memerlukan marketing yang lebih baik lagi dalam pengembangannya.
Downloads
References
REFERENCES
Arifudin, I. S. Peranan Guru Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Di
Kelas V SDN 1Siluman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru 2015.
Breeze, W. a. The Foundations of Henri Fayol's Administrative Theory.
Jurnal Kajian Politik Islam, 52 tahun 2023.
Bungin, B. Penelitian Kualitatif,Komunikasi, Kebijakan Public dan
Ilmu Social. Kencana, 108. tahun 2007
dkk, O. A. Media Pembelajaran Pendidik Anak Usia Dini. Widina
Bhakti Persada tahun 2021.
dkk, U. Z. Pengelolaan Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan. Jurnal
Multidispliner Bharasumba tahun 2022.
dkk, Y. h. Manajemen Pendidikan Islam. Ilmu Komunikasi,
Penyuluhan dan Bimbingan Masyarakat Islam, 52-57 tahun
Dr. Rifda El Fiah, M. Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini.
Depok: Rajawali Pers tahun 2016.
Fajriansyah, N. Metode Pembinaan Pendidikan Agama Islam Melalui
Pendidikan Luar Sekolah Majelis Ta'lim Tarbiyatul
Muta'allimin. Institutional Repositry UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta tahun 2018.
Fauzi, A. Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak.
Jurnal Pahlawan tahun 2022.
Hanavia, S. Hasil Wawancara dengan wali kelas Play group. Suko,
Sidoarjo tanggal 3 Februari 2025.
Iis Sugiartik, M. A. Manajemen Pendidikan Karakter Religius Anak
Usia Di KB Al- Hayat Jatikalang Krian Sidoarjo. Jurnal
Madrasah Ibtidaiyah (JMI), 104- 105 tahun 2023.
Karima, S. L. Manjemen Tenaga Pendidik (Studi Kasus MA Sultan
Agung Blora). Universitas Islam Negeri.
Kemas, N. d. Determinasi Manajemen Pendidikan Islam : Sistem
Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan dan Tenaga Pendidikan
(Literatur Manajemen Pendidikan Islam). Jurnal Manajemen
Pendidikan dan Ilmu Sosial, 453 tahun 2022.
Kemas, N. d. Determinasi Manajemen Pendidikan Islam : Sistem
Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan dan Tenaga Pendidikan
(Literatur Manajemen Pendidikan Islam). Jurnal Manajemen
Pendidikan dan Ilmu Sosial, 453 tahun 2022.
Kementrian Pendidik dan Kebudayaan. . Sistem Pendidikan Nasional.
Undang- Undang Dasar RI, No. 20 tahun 2023.
Lina Eka Retnaningsih, U. K. Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan
Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA pada Juli 2022.
M Athoiful Fanan, N. C. Pengelolaan Peserta Didik Baru Dalam
Mewujudkan Siswa Berprestasi Di MI Darul Umum Sarirogo.
ICO Edusha, 942 tahun 2022.
Marzuki. Penyelenggaraan Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini
(PAUD) Siloam Kids Desa Ulak Muid Kecamatan Tanah
Pinoh Barat. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 11 tahun
Masruroh, A. P. Hubungan Manajaemen Kesiswaan dengan Prestasi
Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Institut
Agama Islam Negeri Jember tahun 2019.
Volume...1, Nomor .., MONTH YEAR, Jurnal Tarbawi 23
Author’s Name
Maya Novita Sari, S. Implementasi Manajemen Mutu Terpadu paud
PGTK IT Harapan Mulia. Jurnal Literasi tahun 2017.
Moleong, L. J. Metodologi Penelitian Kualitatif/Lexy J. Moleong, Ed.
Revisi. Remaja Rosdakarya Bandung tahun 2017.
MS, S. Manajemen Keuangan Pendidikan. Journal Of Padegogy, 11
tahun 2021.
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. by Meyniar
Albina, 6 tahun 2023.
others, M. W. Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Penelitian
Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 69 tahun 2024.
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.
Kurikulum Merdeka., (hal. No. 12 Pasal 1 ayat 2) tahun 2024.
Peraturan Pemerintah. Program Pembelajaran Pendidikan Anak Usia
Dini. Republik Indonesia: Peraturan Pemerintah no 60 tahun
Play group, W. K. Hasil Wawancara Lembaga Pikuma di ruang kelas.
Suko, Sidoarjo pada 3 Februari 2025.
Prof Dr. H. Andi Rasyid Pananrangi, S. Manajemen Pendidikan.
Celebes Media Perkasa tahun 2017.
Rifaldi Dwi Syahputra, N. A. Prinsip- Prinsip Utama Manajemen
George R. Terry. Manajemen Kreatif Jurnal tahun 2023.
Rika Devianti, S. L. Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini.
Jurnal Pendidikan dan Konseling Mitra Ash-Shibyan tahun
S.E, D. Hasil Wawancara tahun 2025.
S.E, D. Hasil Wawancara dengan ketua lembaga PIKUMA. Suko,
Sidoarjo pada 25 Januari 2025.
S.Pd, L. A. Hasil Wawancara dengan pendamping ovbservasi. Suko,
Sidoarjo pada 30 Januari 2025.
SE, D. Observasi dan wawancara. Suko, Sidoarjo tahun 2025.
Siti Julaiha, A. R. Pengaruh Manajemen Pendidikan Terhadap Motivasi
Belajar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi Pendidikan Anak
Usia Dini tahun 2023 .
Jurnal Tarbawi, Volume ..., No......, MONTH YEAR
Short Title
Susanto, A. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Bumi
aksara jakarta tahun 2016.
Syarbaini Saleh, S. Pendidikan Luar Sekolah. Yogyakarta: K-Media
tahun 2020.
Tsaniyah Zahra Yuthika Wardhani, H. K. Optimalisasi Peranan
Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Online Di
Masa Pandemi Covid 19. Prosding Penelitian dan Pengabdian
Kepada Masyarakat tahun 2020.
Utomo, B. S. Metode Penelitian Kualitatif-Lexy J Moleong. Remaja
Rosdakarya, 410 tahun 2014.
Utomo, B. S. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi).
Remaja Rosdakarya, 410.
Zulaecha Ngiu, N. D. (2021). Strategi Guru Dalam Pembelajaran
Holistik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan
Anak Usia Dini tahun 2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lintang Alvina Valentin, M. Athoiful Fanan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




