Strategi Manajemen Pondok Pesantren dengan Model Jaringan Cabang yang Tersebar di Berbagai Daerah Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Falah Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.36781/tarbawi.v16i01.1121Keywords:
Manajemen, Pondok PesantrenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen yang diterapkan oleh Pondok Pesantren Darul Falah Sidoarjo dalam mengelola jaringan cabangnya yang tersebar di berbagai daerah. Pondok ini memiliki keunikan dalam sistem ekspansi cabangnya yang dimulai sejak tahun 1992 melalui program nikah massal, yang bertujuan mencetak kader dakwah dan membentuk kepemimpinan cabang-cabang baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan pendekatan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi manajemen pondok pesantren mencakup lima fungsi utama menurut teori Henri Fayol: perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, dan pengendalian. Kelima aspek ini diterapkan secara fleksibel namun terstruktur untuk mengelola 206 cabang pesantren yang tersebar. Meskipun menghadapi berbagai tantangan, seperti resistensi masyarakat dan kendala geografis, Pondok Pesantren Darul Falah berhasil mempertahankan stabilitas dan pertumbuhan lembaganya melalui pendekatan manajemen spiritual dan adaptif. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi lembaga pendidikan Islam lainnya yang ingin menerapkan model pengelolaan jaringan cabang secara efektif dan berkelanjutan.
Downloads
References
Amri, Z., Khofifah, N., Rosalita, J., Fithria, N., Aulia, E. A., Choiriyah, U., Khoirotunisa, Lestari, A. N., Sutrisno, A. T., & Prasiska, S. A. (2025). Profesionalisme Dalam Pelayanan Ibadah Suci: Praktik, Tantangan, dan Inovasi Biro Haji dan Umroh.
Bahar, T., Nasyifa, N., Fadhillah, A., & Mukhlasin, A. (2024). Peran Manajemen Organisasi Dalam Kemajuan Pendidikan. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 1(3), 284–300.
Cahyani, N., & Joko Raharjo, T. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Pembiasaan di PAUD Sekolah Alam Ungaran. Lifelong Education Journal, 1(1), 53–65.
Choir, A. (2025). Manajemen Pengasuhan Kolegial dan Pencegahan Kekerasan di Pondok Pesantren Sulaimaniyah Turki Jawa Tengah. 5(1), 51–65.
Dianti, Y. (2023). Kepemimpinan Adaptif Dan Responsif. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Hadijaya, Y. (2012). Administrasi 20Pendidikan. PERDANA PUBLISHING.
Hidayat, R. (2016). Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia. In C. Wijaya (Ed.), Ilmu Pendidikan Islam (pp. 26–30).
Hurip Jayadi. (2014). Dasar-dasar Administrasi Kesehatan Masyarakat. In Forum Ilmiah Kesehatan (Forikes) (Vol. 17, Issue 49).
Husni, M., & Puadi, H. (2018). Membangun Budaya Organisasi Berbasis Religius. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 80–93.
Ilhami, M. W., Vera Nurfajriani, W., Mahendra, A., Sirodj, R. A., & Afgani, W. (2024). Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(9), 462–469.
Mahabas, A. (2018). Implementation One-Data Initiative and Network Relations between Actors in Maritime and Fisheries Field. Bappenas Working Papers, 1(2), 155–170.
Mariska, S., & Sukiyah, S. (2023). Penerapan Teori Manajemen Hanry Fayol Untuk Menjalankan Bisnis. MANTRA (Jurnal Manajemen Strategis), 1(1), 1–8.
Moleong, L. J. (1989). Metodologi penelitian kualitatif / Lexy J. Moleong (Ed. Revisi). Bandung : Remaja Rosdakarya, 2017.
Mudin, S., Rudi, & Alwan, S. (2025). Konsep Formulasi Strategi dan Implementasinya Pada Lembaga Pendidikan Islam. Neraca Akutansi Manajemen, 17 No 08.
Normina, N. (2016). Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan. Ittihad, 14(26), 71–85.
Nurcholiq, M. (2023). Perencanaan Strategis Lembaga Pendidikan (Studi Kasus Pembelajaran Mandiri Integratif di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang). Leadership:Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 196–211.
Nurhayati, D. S., & Hasanah Usnur, U. (2024). Macam-Macam Ruang Lingkup Administrasi Pendidikan . At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan , 1(2), 24–36.
Pai, I. N., Budi, D. A. N., Subject, P., Smpn, A. T., & Banyuwangi, G. (2023). ICHES : International Conference on Humanity Education and Social. International Conference on Humanity Education and Sosial, 2(1), 11.
Rahayuningsih, I. (2018). Pemimpin yang Resilien diera Perubahan. Prceending National Conference Psikologi, 1(1), 230–239.
Zakaria, G. A. N. (2010). Pondok Pesantren : Changes and Its Future. Journal of Islamaic and Arabic Education, 2(2), 45–52.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adelia, M. Athoiful Fanan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




