Etika Murid terhadap Guru Menurut Prespektif Shaikh Al-Zarnuji

Authors

  • Moh Faizin Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  • Usman Yudi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Denia Septi Dwi Lestari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36781/tarbawi.v11i2.353

Keywords:

Pendidikan Islam, Etika, Ta'limul Muta'allim

Abstract

Pendidikan Islam adalah sebuah penataan individual dan sosial yang dapat menyebabkan seseorang luluh serta mentaati apa saja yang ada pada ajaran islam dan menerapkan secara baik di dalam kehidupan individu dan juga kehidupan masyarakat. Pendidikan juga dapat disebut sebagai alat atau sarana bagi setiap manusia untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, pendidikan diharapkan memiliki sebuah konsep dan dasar yang tertata dan memiliki etika, karena etika merupakan hal terpenting dalam menuntut ilmu. Dengan adanya etika inilah yang membuat peserta didik mengetahui mana perilaku baik dan perilaku buruk. Di dalam penelitian ini penerapan etika peserta didik terhadap guru dapat dilakukan dengan cara tidak berjalan di depan guru, tidak duduk di kursi guru, dan tidak banyak berbicara ketika di hadapan guru. Dengan adanya penerapan etika terhadap seorang peserta didik ini agar mereka terbiasa untuk melakukan perbuatan baik kepada siapa pun dan dimanapun. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif, yaitu penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dalam melakukan suatu penelitian. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan studi dokumentasi. Dalam melakukan studi dokumentasi ini penulis memilih untuk menggunakan kitab Ta’limul Muta’allim Karya Shaikh Al-Zarnuji.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abshor, M. Ulil, and Husnul Khotimah. “ETIKA ILMIAH ISLAM SEBAGAI WUJUD TOLERANSI (Analisis Pemikiran Taha Jabir Al-Alwani Dalam Kitab Adab Al-Ikhtilafi Fi Al Islami).” Al-Banjari : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman 19, no. 1 (2020): 55.

Aziz, Mursal. “Etika Akademis Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Tarbiyah 25, no. 1 (2018).

Fauzi, M I F. “Konsep Pemikiran Pendidikan Menurut Syaikh Az-Zarnuji Dalam Kitab Ta’Limul Muta’Alim.” Al-Rabwah 16, no. 01 (2022): 1–10. https://jurnal.staiskutim.ac.id/index.php/al-rabwah/article/view/81%0Ahttps://jurnal.staiskutim.ac.id/index.php/al-rabwah/article/download/81/96.

Hasbi, and St Siddik Umrah. “Implementasi Konsep Etika: Relasi Guru Dan Siswa Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Di Pondok Pesantren Roudlotul Khuffadz.” AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (2017): 6–11.

Ii, B A B, A Deskripasi Teori, Pengertian Pemahaman, and Konsep Matematika. “Penerapan Pemikiran Syaikh Az-Zarnuji Tentang Etika Menuntut Ilmu Di MA NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus” (2010): 15–35.

Journal, Indonesian, and Islamic Teaching. “Internalisasi Etika Santri Dalam Menuntut Ilmu Melalui Kitab Ta ’ Limul Muta ’ Allim d i Pondok Pesantren Ainul Yaqin Ajung Rizky Alfiyan Yayasan Pendidikan Islam Pondok Pesantren Ainul Yaqin Pendahuluan” 4, no. 1 (2021): 24–47.

Komparatif, Studi, Pemikiran K H Hasyim, A S Y Ari, Dalam Kitab, A D A Bul, Alim Wa, T A Limul, Muta Allim, and Umi Khariroh. “Etika Terhadap Buku Muta ’ Allim Dan Syaikh Az Zarnuji Dalam Kitab” 6, no. 23 (2019): 89–102.

Lindawati, Dede Linda, Akil Akil, and Acep Nurlaeli. “Analisis Adab Mencari Ilmu Dalam Kitab Ta’limul Muta’allim Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Karakter Di SMAIT Harapan Umat Karawang.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 6, no. 2 (2021): 254–264.

Saman, Kiagus Akbar, Ahmad Sukandar, and Asep Ahmad Fathurrohman. “Konsep Pendidikan Persfektif Syaikh Al-Zarnuji : Analisis Kitab Ta’ Limul Muta’allim.” The Journal of Educational Research 1, no. 3 (2021): Hal, 35.

Sari, Cut Purnama. “Struktur Tematik Berita Penyalahgunaan Narkoba Harian Media Indonesia (Analisis Wacana Kritis Teun a. Van Dijk).” FON : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 12, no. 1 (2018): 99–112.

Wibowo, Hasyim. “Etika Santri Kepada Kiai Menurut Kitab Ta’lim Muta’allim Di PP. Kotagede Hidayatul Mubtadi-Ien Yogyakarta.” Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat 4, no. 2 (2021): 1–12.

Wiguna, Satria, Ahmad Darlis, and Tsamrah Adawiah. “Kontribusi Pemikiran Pendidikan Az-Zarnuji Dalam Kitab Ta’limul Muta’allim.” Jurnal Dirosah Islamiyah 3, no. 3 (2021): 420–427.

Wilujeng, Sri Rahayu. “Filsafat , Etika Dan Ilmu : Upaya Memahami Hakikat Ilmu Dalam Konteks Keindonesiaan.” Humanika 17, no. 1 (2013): 79–90. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika/article/view/5313.

Busiri, A. (2020). Etika Murid Dalam Menuntut Ilmu Perspektif Syaikh Az-Zarnuji (Kajian Kitab Ta'limul Muta'allim). Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 55-70.

Fathonah, A. Z. (2020). Mengagungkan Ilmu dan Ahli Ilmu Perspektif Imam Az- Zarnuji (Tela’ah Kitab Ta’lim Muta’allim Bab IV) DOI : 10.24014/af.V19i2.11640. Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman, 267-272.

Hasbi. (2017). Implementasi Konsep Etika: Relasi Guru Dan Siswa Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Di Pondok Pesantren Roudlotul Khuffadz. AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam.

Mulyasana, D. (2019). Konsep Etika Belajar dalam Pemikiran Pendidikan Islam Klasik. Tajdid, 100.

Ni'mah, K. (2014). Konsep kompetensi kepribadian guru PAI (telaah kitab ta'līm al-muta'allim karya az-zarnuji dan kitab adāb al-'Ālim wa al-muta'allim karya KH. hasyim asy'ari). Pendidikan Agama Islam, 79-94.

Ruswandi, Y. (2020). Etika Menuntut Ilmu Dalam Kitab Ta’lim Muta’alim. Jurnal Komunikasi Islam dan Kehumasan (JKPI), 90-100.

Downloads

Published

2023-02-15

How to Cite

Faizin, M., Yudi, U., & Lestari, D. S. D. (2023). Etika Murid terhadap Guru Menurut Prespektif Shaikh Al-Zarnuji. TARBAWI, 11(2), 79–94. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v11i2.353

Issue

Section

Articles