PENGARUH MOTIVASI KERJA, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU MI AT TAUFIQ LAKARSANTRI SURABAYA
Keywords:
Motivasi Belajar, Prinsip Kepemimpinan, Penilaian Kinerja GuruAbstract
Kinerja guru menjadi inti perbincangan sebagai peningkatan mutu sumber daya manusia, khususnya di sektor pendidikan (Suastini, 2021). Kinerja guru tercermin dalam kemampuan mereka untuk menjalankan amanah pendidikan dengan penuh tanggung jawab. Ini mencakup kesediaan untuk mengemban tugas seorang guru di dalam dan di luar kelas dengan penuh dedikasi. Selanjutnya, loyalitas dan kepatuhan guru terhadap norma-norma profesi dan tanggung jawab moral menjadi ukuran kinerja yang penting. Guru yang setia pada etika profesi dan memiliki rasa tanggung jawab moral yang tinggi cenderung memberikan dampak positif pada lingkungan pembelajaran (Octavia, 2020). Sikap ini menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pembelajaran dan membentuk hubungan yang baik antara guru dan siswa. Aspek kinerja guru juga tercermin dalam kesiapan mereka untuk mempersiapkan segala perangkat pengajaran sebelum melaksanakan proses pembelajaran (Susmiyati & Zurqoni, 2020). Persiapan yang diperlukan mencakup perencanaan pembelajaran, pemahaman terhadap kebutuhan siswa, dan penggunaan metode pengajaran yang sesuai. Kinerja guru tidak hanya dilihat dari hasil akhir pembelajaran, tetapi juga dari proses perencanaan dan pelaksanaan yang dilakukan. Spesifikasi kompetensi menjadi kerangka acuan untuk mengukur kinerja guru. Kompetensi ini mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dimiliki oleh setiap guru (Hafid, 2017). Kriteria ini menjadi dasar untuk mengevaluasi sejauh mana guru mampu memberikan kontribusi yang optimal terhadap perkembangan akademis dan karakter siswa (Dahlia & Afriadi, 2020).
Downloads
References
Adi, Y., & A. Irwan. (2023). Pengaruh Motivasi Kerja Budaya Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Malunda Provinsi Sulawesi Barat. Jurnal Online Manajemen ELPEI, 3(1), 437-452.
Afandi, P. (2018). Manajemen sumber daya manusia, Zanafa Publishing, Yogyakarta.
Fatoni, M. (2017). Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Guru Di Mts Nurul Falah Talok Kresek Kabupaten Tangerang. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(2), 168-182.
Hafid, M. (2017). Pengaruh motivasi dan kompetensi guru terhadap kinerja guru sekolah dan madrasah di lingkungan pondok pesantren salafiyah syafi’iyah Sukorejo. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(2), 293-314.
Harmendi, M., B. Lian, & R. Wardarita. (2021). Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 93-107.
Manik, E., & K. Bustomi. (2011). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, Budaya organisasi dan motivasi kerja Terhadap kinerja guru pada SMP Negeri 3 Rancaekek. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 5(2), 97-107.
Manik, E., & K. Bustomi. (2011). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, Budaya organisasi dan motivasi kerja Terhadap kinerja guru pada SMP Negeri 3 Rancaekek. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 5(2), 97-107.
Maolana, I., A. Darmiyanti, & J. Abidin. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Efektif Dalam Meningkatkan Kualitas Guru Di Lembaga Pendidikan Islam. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(4), 83-94.
Martono, Nanang. (2010). “Metode Penelitian Kuantitatif (Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder)”. Jakarta: Raja Grafindo. Hlm. 9
Masruri, H. M. (2014). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru dan motivasi kerja guru terhadap budaya organisasi serta implikasinya pada kinerja guru. Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(2), 55-67.
Ngalim, P. (2008). Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung
Nurpuspitasari, D., S. Sumardi, R. Hidayat, & S. Harijanto. (2019). Efektivitas pembelajaran ditinjau dari supervisi akademik kepala sekolah dan budaya sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 762-769.
Octavia, S. A. (2020). Etika Profesi Guru. Deepublish.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi kerja peserta didik. Jurnal kependidikan, 5(2), 216-232.
Ritonga, B. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Di MAN 2 Model. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 6(2), 246-256.
Riyadi, S., & A. Mulyapradana. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Radhatul Atfal di Kota Pekalongan. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 13, 2503-0728
Setiyati, S. (2014). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi Kerja, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2), 200-206.
Setiyati, S. (2014). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi Kerja, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2), 200-206.
Soekarno. (2006). Mengantar Bagaimana Memimpin Sekolah Yang Baik. Ghalia Indonesia, Jakarta.
Sudirman, A.M. (2005). Interaksi &Motivasi kerja Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung Sulistiya, M. (2013). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 1(2), 37067.
Sumar, W. T. (2018). Strategi Pemimpin dalam Penguatan Iklim Sekolah Berbasis Budaya Kearifian Lokal:(Budaya Huyula). Deepublish.
Surani, D., & M. Mifthahudin. (2018). Kompetensi guru dan motivasi mengajar guru berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran di smk negeri 3 kota serang. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 149-158.
Susmiyati, S., & Z. Zurqoni. (2020). Memotret Kinerja Guru Madrasah Dalam Pembelajaran. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(2), 143-169.
Yulianto, A. & D. Darmawan. (2024). Effective Implementation of Teaching Skills and Religious Activities to Enhance the Quality of Learning in Islamic Religious Education at MTsN 2 Surabaya. Educan: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 68–85.
Yusutria, M. A. (2017). Profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 2(1), 38-46.
Yusutria, M. A. (2017). Profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 2(1), 38-46.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yuni Rahmawati, Eli Masnawati, Didit Darmawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.