Transformasi Kurikulum 2013 Ke Kurikulum Merdeka SMP Taruna Jaya
Keywords:
kurikulum, transformasi kurikulumAbstract
Kurikulum merupan rujukan dari proses belajar mengajar, sehingga kurikulum menjadi nafas dan inti dari pendidikan, program yang dilakukan pemerinta terkait perubahan kurikulum suatuhal yang tdak bisa dihindari, dengan gagasan yang dilakukan pemerintah dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum mardekan, ini merupakan hal yang wajar, karna kurikulum sendiri harus memuat tantangan zaman yang akan dihadipi, sehingga penyesuain kurikulum juga harus dilakukan. Dengan demikian penelitian ini, ingin mengetahui bagaimana yang dirasakan atas perubahan tersebut, baik dari sisi Pendidik atau Siswa dalam suatu lembaga, penulis dalam melakukan penelitian menggunakan metode kualitatif diskriftif dengan objek peneltian secara verbal melalui pengamatan fenomena-fenomena yang terjadi dilapangan.dari hasil yang dirasakan perubahan kurikulum tersebut, ada dampak yang dirasakan oleh guru dan Siswa, keduanya merasakan dampak tersebut. Dengan adanya perubahan kurikum dari kurikulum 2013 ke kurikulum mardeka merasakan dampak yang alami, yaitu, satu dari guru, lebih semangat lagi untuk mewujutkan pengembangan dan keseimbangan perkembangan zaman. dua sisi siswa, penanaman kemandirian dan pengembangan kognitifnya untuk memberikan keseimbangan menghadapi tantangan zaman dimasa datang. Perubahan kurikulum tersebut di lembaga SMP Taruna Jaya 1 Surabaya, walaupun ada dampak, tapi mudah diselesaikan dan tidak merasakan terbebani, lebih-lebih di dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) karna sudah masuk dalam visi dan misi lembaga
Downloads
References
Aprianti, Anis, dan Siti Tiara Maulia. “Kebijakan Pendidikan : Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan Bagi Guru Dan Peserta Didik.” Jurnal Jupensi 3 No 1, no. Jurnal Pendidikan dan Sastra Inggris (10 April 2023): 181–90.
FAUZIAH, AILYS. “DESKRIPSI PROSES SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PURWOKERTO DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013.” Bachelor, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO, 2015. https://repository.ump.ac.id/5171/.
KSPSTK, Sekretariat. “Tantangan Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka,” 13 Juli 2017. http://kspstendik.kemdikbud.go.id/read-news/tantangan-dalam-penerapan-kurikulum-merdeka.
Media, Kompas Cyber. “Kurikulum: Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Komponennya Halaman all.” KOMPAS.com, 20 Desember 2022. https://www.kompas.com/skola/read/2021/07/02/101008069/kurikulum-pengertian-fungsi-tujuan-dan-komponennya.
Muhammedi, Muhammedi. “PERUBAHAN KURIKULUM DI INDONESIA : STUDI KRITIS TENTANG UPAYA MENEMUKAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM YANG IDEAL.” Jurnal Raudhah 4, no. 1 (9 Juni 2016). https://doi.org/10.30829/raudhah.v4i1.61.
Nurjatisari, Trimulyani, Yudi Sukmayadi, dan Trianti Nugraheni. “Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Kemasan Pertunjukan Seni pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 4 (6 Agustus 2023): 4013–24. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4836.
Pembelajaran, Pusat Kurikulum dan. “Kurikulum 2013.” Sistem Informasi Kurikulum Nasional. Diakses 2 Oktober 2023. http://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-2013.
“PENGEMBANGAN KURIKULUM BARU | Perpustakaan Universitas Negeri Makassar.” Diakses 30 September 2023. https://pustaka.unm.ac.id/opac/detail-opac?id=40402.
Saylor, John Galen, William Marvin Alexander, dan Arthur J. Lewis. Curriculum Planning for Better Teaching and Learning. Tokyo: Holt, Rinehart and Winston, 1981.
Sholihin, Choirus. “Dua Sifat Dasar Pada Seorang Pendidik Menurut Al-Ghazali.” TARBAWI 7, no. 2 (30 Maret 2019): 143–53.
S.Kom, Hesty Laily Anggraeny. “Perbandingan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka.” BBPMP Jawa Tengah (blog), 30 Agustus 2022. https://bbpmpjateng.kemdikbud.go.id/perbandingan-kurikulum-2013-dan-kurikulum-merdeka/.
“Smarteschool.” Diakses 30 September 2023. https://smarteschool.id/berita/manfaat-kurikulum-merdeka-belajar-bagi-guru-serta-siswa.
Sudarto. Metodologi penelitian filsafat. Jakarta: Raja grafindo Persada, 2002.
Sukmadinata;, Nana Syaodih. Pengembangan Kurikulum : Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya, 2005. //library.fis.uny.ac.id%2Fopac%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D3993.
Thoha, Muhammad. Horizon. Pendidikan Islam. Surabaya: Pena salsabila, 2013.
Triwiyanto, Teguh. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Wibowo, Wahyu. Cara Cerdas Menulis. Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Choirus Sholihin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




