Internalisasi Nilai-Nilai Tarekat Tasawuf Perkotaan dalam Kurikulum STAI Al-Fithrah Surabaya

Authors

  • Syamsudin Syamsudin Institut Al Fithrah Surabaya
  • Ficky Dewi Ixfina Institut Al Fithrah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36781/tarbawi.v13i2.837

Abstract

Abstrak: Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Fithrah sejak awal berdiri memiliki kekhususan sebagai perguruan tinggi yang bercirikan tarekat- tasawuf, suatu ciri khas yang melekat hingga saat ini. Hal ini sangat lazim karena STAI Al-Fithrah didirikan oleh tokoh sufi, seorang mursyid tarekat yakni K.H. Ahmad Asrori Al Ishaqy. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi nilai-nilai tarekat-tasawuf perkotaan dalam kurikulum STAI Al Fithrah, dan (2) mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai tarekat-tasawuf perkotaan dalam kurikulum STAI Al Fithrah. Paradigma dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Subjek penelitian adalah kurikulum STAI Al Fithrah dan objek penelitiannya adalah internalisasi nilai-nilai tarekat-tasawuf perkotaan dalam kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)  nilai-nilai tarekat-tasawuf perkotaan dalam kurikulum STAI Al Fithrah meliputi sepuluh karakter (kelompok karakter) yaitu: a) ketakwaan; b) kejujuran; c) kesungguhan; c) keikhlasan; d) akhlak dan suri teladan; e) tuma’nīnah dan istiqāmah; f) memanfaatkan waktu luang untuk belajar; g) mujāhadah dan riyāḍah; h) sabar dan riḍā; i) menjauhi dosa, kemaksiatan, kemunkaran, kezaliman, dan kesewenang- wenangan; j) meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat. (2) proses internalisasi nilai-nilai tarekat-tasawuf perkotaan dalam kurikulum STAI Al Fithrah meliputi tahap transformasi, transaksi, dan terinternalisasi. Nilai-nilai tarekat-tasawuf perkotaan yang telah terinternalisasi meliputi ketakwaan, kejujuran, kesungguhan, dan keikhlasan, akhlak dan suri teladan, tuma’nīnah dan istiqāmah,  memanfaatkan waktu luang untuk belajar, mujāhadah dan riyāḍah, sabar dan riḍā, menjauhi dosa, kemaksiatan, kemunkaran, kezaliman, dan kesewenang- wenangan, meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Zidan Syahrul, and Dwi Hizam. “Pendidikan Tasawuf Dalam Nazkah Al-Malhuzat K . H . Ahmad Asrori Al-Ishaqi Dan Relevansinya Terhadap Tujuan Pendidikan Nasional.” NTEGRATIA: Journal of Education, Human Development, and Community Engagement 1, no. 2 (2023): 179–192.

Amrulloh, Mas Habib. “INTERNALISASI NILAI-NILAI KETELADANAN TOKOH ISLAM RADEN PATAH PADA PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII (Studi Kasusdi MTs. Al-Hamid Malang).” Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 7 (2020): 92–98.

Arijulmanan. “Pengembangan Kurikulum Ekonomi Islam Berbasis Tauhid: Studi Kurikulum Program Studi Ekonomi Islam STEI Tazkia Bogor.” Jurnal Al-Mashlahah: Jurnal Hukum Islam dan Pranata Sosial Islam 07 (2019): 163.

Gazali, Gazali, and Efendi Efendi. “Urban Sufisme Eksistensi Tasawuf Di Perkotaan.” Majalah Ilmiah Tabuah: Talimat, Budaya, Agama dan Humaniora 27, no. 1 (2023): 49–56. https://www.rjfahuinib.org/index.php/tabuah/article/view/951.

Hamka. “Tasawuf Modern Studi Pemikiran Hamka” (2000).

Ismail, A. Ilyas. Pilar – Pilar Taqwa: Doktrin, Pemikiran Dan Hikmah, Dan Pencerahan Spiritual. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2009.

Masyhadi, Ahmad Aziz, and Tasmuji. “PERAN IMAM GHAZALI DALAM DUNIA TASAWUF.” JOURNAL OF ISLAMIC THOUGHT AND PHILOSOPHY 01 (2022): 275–290.

Moch. Tolchah. “IMPLIKASI FILSAFAT PENDIDIKAN DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PERSPEKTIF KUNTOWIJOYO Moch. Tolchah.” Jurnal Fikrotuna: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam 11 (2020): 1402.

Musta’in. “Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam.” Thesis 14, no. 01 (2010): 78–90. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/332.

Rajab, Khairunnas. “Al-Maqam Dan Al-Ahwal Dalam Tasawuf.” Jurnal Usuluddin 25 (2007): 1–28. http://apium.um.edu.my/journals/journal_usul/No_Usul.php.

RIFAT, R. ACHMAD MASDUKI. “Pemikiran K.H. Achmad Asrori Al-Ishaqy.” Belibis Pustaka Group, 2019.

Rosidi. “Maqamat Dalam Perspektif Sufistik KH. Ahmad Asrori Al Ishaqy” 4 (2014): 29–55.

STAI Al Fithrah. “Buku Pedoman Akademik.”

Yaqin, Husnul, and Abdul Muhid. “Nilai-Nilai Pendidikan Moral Dalam Naskah Al-Malhudhat Karya Kh. Ahmad Asrori Al Ishaqi.” Kuttab 6, no. 1 (2022): 30.

Zaini, Ahmad. “Pemikiran Tasawuf Imam Al-Ghazali.” Esoterik 2, no. 1 (2017): 146–159.

Downloads

Published

28-02-2024

How to Cite

Syamsudin, S., & Ixfina, F. D. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Tarekat Tasawuf Perkotaan dalam Kurikulum STAI Al-Fithrah Surabaya. Jurnal TARBAWI, 13(2), 59–73. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v13i2.837

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)