Kreativitas Guru untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Matematika di MI Roudlatul Ulum

Authors

  • syamsudin syamsudin STAI Al Fithrah Surabaya
  • Ulfi Aminatuz Zahroh
  • Luluk Safitri
  • Musdalifah Musdalifah

DOI:

https://doi.org/10.36781/tarbawi.v9i1.142

Abstract

Abstrak

 

Pendidikan merupakan suatu komponen yang digunakan sebagai tolok ukur kemajuan suatu bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengupas krativitas guru dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan motivasi siswa. Seorang guru perlu memiliki daya kreativitas yang tinggi dalam proses belajar sehingga peserta didik dapat tertarik dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertempat di MI Roudlatul Ulum. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, penyajian data, serta menarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas yang dimiliki seorang guru adalah kreativitas produk dan kreativitas person. Kreativitas produk dalam proses pembelajaran matematika menggunakan media dengan bentuk yang konkret yang menghadirkan contoh dalam kehidupan nyata. Adapun kreativitas person yang dimiliki yaitu berkepribadian baik, cerdas, mempunyai ide-ide yang baru dalam proses belajar, ramah, pandai berkomunikasi, dan terampil menguasai kelas. Proses belajar pun dapat tercipta dengan menyenangkan dan nyaman bagi siswa untuk belajar. Hal tersebut membuat hasil belajar siswa di MI Roudlatul Ulum dalam pembelajaran meningkat.

Kata Kunci : Kreativitas Guru, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

 

Abstract

Education is a component that is used as a benchmark for a nation. This study aims to expose the teacher's creativity in mathematics learning to increase student motivation. A teacher needs to have high creativity in the learning process so that students can be interested in learning mathematics. This research is qualitative in MI Roudlatul Ulum. Data collection was carried out by interview, observation, and documentation. Data analysis in this research is collecting data, presenting data, and drawing conclusions. The results showed that the teacher’s creativity is product creativity and personal creativity. Product creativity in the learning process of mathematics uses media in a concrete form that presents examples in real life. Meanwhile, the personal creativity possessed is a good personality, smart, having new ideas in the learning process, friendly, good at communicating, and mastering the class. The learning process can also be fun and comfortable for students to learn. This makes student learning outcomes at MI Roudlatul Ulum in learning increase.

Keyword: Teacher’s creativity, motivation  to learn, learning outcome.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.M, Sardiman Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Rajawali Pers, 2007.

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010.

Hamdani & Beni, Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2013.

Hasan, Chalijah. Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan. Surabaya: Al- Ikhlas, 1994.

Muhammad, M. & Nurdansyah, Pendekatan Pembelajaran Saintifik.

Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2015.

Muhibbin, Syah, Psikologi pendidikan dengan Pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.

Mulyasa, E, Menjadi Guru Pofessional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2005

Soedjadi, Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Bandung: Dirjen Dikti Depdiknas, 2000

Sudaryono, Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

Suherman, Erman, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2003.

Susanto, Ahmad, Teori Belaja dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group, 2016.

Syah Sinaga, Syahrul, Pemanfataan dan Pengembangan Lagu Anak-Anak dalam Pembelajaran Tematik pada Pendidikan Anak Usia Dini, Hormonia Jurnal. Vol. 9, 2009.

Tim Penyusun Pusat Bahasa (Mendikbud), Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Jakarta: Balai Pustaka, 2007.

Tri Anni, Catharina, Psikologi Belajar. Semarang: IKIP Semarang Press, 2004.

Uno, Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta, Bumi Aksara, 2013.

WS., Winkel, Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi, 2005.

Downloads

Published

30-09-2020 — Updated on 30-09-2020

How to Cite

syamsudin, syamsudin, Zahroh, U. A., Safitri, L., & Musdalifah, M. (2020). Kreativitas Guru untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Matematika di MI Roudlatul Ulum. Jurnal TARBAWI, 9(1), 83–96. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v9i1.142

Issue

Section

Articles