Media Kakon dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN Dlemer 01 Kwanyar Bangkalan

Authors

  • Syamsudin Syamsudin STAI Al Fithrah Surabaya
  • Wildania Wildania
  • Ulfi Aminatuz Zahroh

DOI:

https://doi.org/10.36781/tarbawi.v11i1.297

Abstract

Abstrak

Matematika merupakan salah satu cabang ilmu yang sangat penting. Namun, bagi sebagian orang matematika merupakan sesuatu yang sulit dan menakutkan. Salah satu pokok bahasan yang dianggap sulit dalam matematika adalah perkalian dan pembagian. Kedua materi ini memang saling berkesinambungan antara satu dengan yang lain. Diperlukan proses yang cukup lama dalam menanamkan konsep tersebut. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan suatu pendekatan model pengajaran yang menarik bagi siswa serta bermakna bagi siswa sehingga dapat diserap oleh siwa dengan mudah. Jenis penelitian ini adalah  metode kuantitatif dengan pendekatan tindakan kelas. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: a. mendeskripsikan pembelajaran Matematika di SDN Dlemer 01 Kwanyar; b. mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas II Mata Pelajaran Matematika Materi pokok menghitung pembagian di SDN Dlemer 01 Kwanyar; c. mendeskripsikan pengaruh media kakon pada mata pelajaran Matematika Materi pokok menghitung pembagian di SDN Dlemer 01. Pra tindakan menunjukkan siswa yang telah mencapai kriteria keberhasilan baru 22% siswa dari 22 siswa kelas II. Ini menunjukkan angka yang masih rendah sehingga hasil belajar siswa tersebut perlu ditingkatkan. Siklus I keberhasilan klasikal siswa baru 59% dari 22 siswa. Tentu saja hasil evaluasi tersebut masih menunjukkan angka yang belum cukup signifikan dan masih rendah karena belum 75% nilai yang sesuai dengan KKM, sehingga perlu dilakukan siklus berikutnya agar hasil belajar dapat ditingkatkan. Hasil evaluasi pada siklus II menunjukkan keberhasilan klasikal siswa sebesar 86,3% dari 22 siswa kelas I. Hal ini menunjukkan bahwa keberhasilan klasikal  siswa sudah di atas rata-rata yang telah ditetapkan yaitu lebih dari 75% siswa telah memperoleh nilai di atas KKM sehingga perlakuan kepada siswa pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media kalkulator dakon (Kakon) oleh guru dalam mmenjelaskan materi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Dlemer 01 Kwanyar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bagja Waluya, Sosiologi Menyelami Fenomena Sosial Di Masyarakat, Bandung, Pt. Setia Puma, 2007.

Muhammad daut siagin, “Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika” dalam Maraji’ No. 1 Vol.2 Oktober 2016.

Nur Fadilah, Wawancara, Bangkalan, 04 Mei 2021.

Sunarti Asih, dkk, “Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Kakon Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas Iv Sekolah Dasar” dalam https://media.neliti.com/media/publications/213392-peningkatan-aktivitas-belajar-siswa-deng.pdf diakses 26 Feberuari 2021.

Nurdinah Hanifah, memahami penelitian tindakan kelas. Bandung. UPI PRESS. 2014.

Pinton Setya Mustofa dkk, metodologi [enelitian kuantitatif , kualiatatif dan tindakan kelas dalam pendidikan olahraga, Universitas Negeri Malang, 2020.

Rina Hayati, “Macam Teknik Analisis Data dalam Bidang Penelitian” dalam https://penelitianilmiah.com/macam-teknik-analisis-data/ diakses 3 maret 2021.

Sandu Siyoto, Ali Sodik, Dasar Metodologi Penelitain , Yogyakarta, Literasi Meida Publishing, 2015.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, “Tentang Sistem Pendidikan Nasional” dalam https://sipuu.sektab.go.id/PUUdoc/7308/UU202003.htm diakses 1 Maret 2021.

Widya Rosyadi, Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pembagian Pada Siswa Kelas IV SDN Di Kecamatan Winong Kabupaten Pati, Skripsi¸Universitas Negeri Malang, 2016.

Zeni Setyaningrum, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dalam Pembagian Bilangan Asli Pada Siswa Kelas II SD N Sinduadi 2 Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme), Skripsi, Universitas Negeri Jogyakarta, 2016.

Downloads

Published

14-12-2022 — Updated on 30-09-2022

How to Cite

Syamsudin, S., Wildania, W., & Zahroh, U. A. (2022). Media Kakon dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN Dlemer 01 Kwanyar Bangkalan. Jurnal TARBAWI, 11(1), 35–50. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v11i1.297

Issue

Section

Articles